Duet Jackie Chan dan Sammo Hung Ubah Sinema Hong Kong

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 17 Mar 2021 06:30 WIB
Jackie Chan
Foto: Instagram @jackiechan
Jakarta -

Jika berbicara soal film laga komedi yang berasal dari Hong Kong, maka ada dua nama aktor besar yang terlintas yakni Sammo Hung Kam-bo dan Jackie Chan. Keduanya berhasil mengubah pasar film Hong Kong kala itu dengan menyuguhkan film-film aksi berbalut komedi.

Bertindak sebagai sutradara, Sammo Hung, pun dengan cerdik menarik Jackie Chan di beberapa filmnya seperti Winners and Sinners, My Lucky Stars dan Twinkle Twinkle Lucky Stars yang merajai bioskop Asia pada era 80'an.

Dilansir dari South China Morning Post, disebutkan jika sebenarnya era film aksi komedi sudah dimulai sejak munculnya film Aces Go Places yang disutradarai oleh Eric Tsang pada 1982. Film tersebut menyuguhkan adegan aksi bak James Bond, namun dipadukan dengan komedi.

"Golden Harvest, yang memproduksi Winners, terkejut dengan kesuksesan Aces Go Places dan ingin membuat versinya sendiri. Aces dianggap masih kurang adegan aksi, dan Winners menyuguhkan unsur komedi dengan adegan aksi, bukanlah sebuah film laga-komedi, meskipun adegan aksinya sangat baik," tutur Frank Djeng, pakar film Asia.

Untuk urusan adegan laga, Hong Kong memang jadi salah satu rajanya di industri film. Beragam koreografer yang digunakan di film-film laga Hollywood atau pun dunia rata-rata adalah orang Hong Kong atau Asia.

Dua nama aktor hebat tadi yakni Sammo Hung dan Jackie Chan juga terjun ke dunia seni peran dengan berbekal ilmu beladiri yang dipelajarinya dan menjadi seorang asisten koreografer.

Sammo Hung bahkan sudah menjadi asisten koreografer pada usia 14 tahun saat bekerja di Shaw Brother Studio. Ia pun sempat menjajal menjadi ekstras, stuntman, kordinator stuntman hingga akhirnya dilirik oleh sutradara asal Taiwan yakni King Hu untuk mengatur koreografi di film bertajuk The Fate of Lee Khan pada 1973.

Jackie Chan pun sama, dalam usia remaja ia sudah menjadi pemeran tambahan di film-film laga hingga pada usia 17 tahun ia terpilih menjadi stuntman Bruce Lee di film Fist of Fury dan Enter the Dragon. Aksinya itu pun membuat dirinya dilirik untuk membintangi sebuah film bertajuk Little Tiger of Canton pada 1973.

Perlahan-lahan keduanya mulai membuka pasar baru bagi sinema di Hong Kong. Film-film komedi pun mulai ramai penonton hingga akhirnya melahirkan aktor dan sutradara berbakat seperti Stephen Chow hingga Ng Man Tat.



Simak Video "Viral Video Kondisi Jackie Chan yang Kesulitan Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/srs)