Nomadland Tentang Perjalanan dan Sembuh dari Duka

Tim detikhot - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 15:57 WIB
film di nominasi Golden Globe
Frances McDormand dalam Nomadland / Foto: (Instagram)
Jakarta -

Nomadland diganjar sebagai film terbaik di kategori Best Picture Drama. Film ini unggul dari empat film yang diunggulkan tahun ini.

Nomadland disutradarai oleh Chloe Zao dan dibintangi Frances McDormand. Film ini melanglang dari satu festival ke festival lain sebelum menerima penghargaan tertinggi Golden Globe.

Di beberapa festival, Nomadland sudah menuai apresiasi. Di antaranya penghargaan Golden Lion hingga apresiasi di ajang Toronto International Film Festival. Film ini bercerita tentang seorang perempuan yang melakukan perjalanan berkelilimg Amerika usai dirinya ditinggal sang suami dan dipecat dari pekerjaannya.

Ia menghabiskan waktu mengelilingi banyak tempat dan bergabung dengan komunitas pengembara dalam perjalanannya.

"Nomadland, pada intinya bagi saya adalah ziarah melalui kesedihan dan penyembuhan," ujar sutradara Chloe Zao.

"Jadi untuk semua orang yang telah melalui perjalanan yang sulit dan indah ini pada suatu saat dalam hidup mereka, ini untuk Anda. Kami tidak mengucapkan selamat tinggal, kami mengatakan, 'Sampai jumpa di tengah perjalanan'" imbuhnya.

Film Cloe Zhao ini menang atas Mank yang disutradarai oleh David Fincher, The Trial of the Chicago 7 yang disutradarai Aaron Sorkin, The Father yang disutrdarai Florian Zeller, dan Promising Young Woman yang disutradarai Emerald Fennell.

Sejauh ini, Nomadland tak hanya menerima apresiasi tinggi dari Golden Globe. Nomadland tercatat sebagai salah satu dari sepuluh film terbaik tahun 2020 oleh National Board of Review dan American Film Institute.

Selama ini ajang penghargaan Golden Globe disebut-sebut sebagai prediksi kemenangan para nominasi dari ajang Oscar yang menjadi puncak dari musim penghargaan setiap tahunnya.

Nomadland pun disebut siap disambut tak kalah meriah di Academy Awards tahun ini yang dijadwalkan digelar April 2021.



Simak Video "Pidato Haru Istri Chadwick Boseman di Golden Globes 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)