Soul, Belajar tentang Hidup dari Jiwa yang Hilang

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 26 Des 2020 13:38 WIB
In Disney and Pixar’s “Soul,” a middle-school band teacher finds himself in The Great Before—a fantastical place where new souls get their personalities, quirks and interests before they go to Earth. There he meets the ubiquitous Counselors who run the You Seminar and the precocious soul, 22, who has never understood the appeal of the human experience. Directed by Academy Award® winner Pete Docter, co-directed by Kemp Powers and produced by Academy Award® nominee Dana Murray, p.g.a., “Soul” opens in U.S. theaters on November 20, 2020. “Soul” opens in U.S. theaters on November 20, 2020. ©2020 Disney/Pixar. All rights reserved.
Foto: PIXAR/Pixar
Jakarta -

Joe Gardner pikir hidupnya hanya untuk musik, tapi setelah tanpa sengaja jatuh ke lubang konstruksi di jalan yang membawanya ke alam baka dan bertemu dengan jiwa yang belum siap turun ke bumi bernama 22, Joe berubah pikiran.

Ada banyak hal yang terjadi dalam perjalanan hidup Joe Gardner (disuarakan oleh Jamie Foxx) sampai ketika film Soul ini dimulai. Yang kita tahu dia adalah seorang guru musik di sebuah sekolah, tapi keinginan dan hasrat terbesarnya bukan itu. Joe ingin jadi seorang pemusik yang serius, yang tampil di atas panggung, yang bermain dalam sebuah band kenamaan di kota New York, yang diberi tepuk tangan meriah oleh penonton.

Ketika akhirnya Joe mendapat tawaran buat jadi guru tetap di sekolah, dia juga mendapat tawaran manggung untuk pertama kalinya di sebuah panggung jazz bersama Dorothea Williams (disuarakan oleh Angela Bassett). Sialnya, karena terlalu bahagia dengan tawaran yang kedua, Joe berjalan tanpa memperhatikan sekitar dan terjatuh ke sebuah lubang konstruksi di jalan raya. Dia hampir mati.

SOUL – Concept Art by Steve Pilcher. © 2020 Disney/Pixar. All Rights Reserved.SOUL – Concept Art by Steve Pilcher. © 2020 Disney/Pixar. All Rights Reserved. Foto: PIXAR/Pixar

Secara teknis Joe memang seharusnya mati. Jiwanya kini berada di jembatan menuju The Great Beyond, alam abadi setelah kematian. Merasa dirinya belum boleh mati, Joe melarikan diri dan terjatuh lebih dalam lagi ke sebuah alam bernama The Great Before di mana jiwa-jiwa sedang dipersiapkan untuk terjun ke bumi setelah mendapatkan karakter, kepribadian, hingga passion mereka. Dalam usahanya untuk kembali lagi ke bumi, Joe bertemu dengan satu jiwa bernama 22 (disuarakan oleh Tina Fey) yang tak punya keinginan sama sekali buat hidup sebagai manusia.

Lewat Soul, Pixar dan Disney menghadirkan sebuah dimensi dunia yang tidak pernah terjamah sebelumnya. Jiwa seseorang hadir dalam bentuk yang lucu dan warna hijau kebiruan. Yang sudah pernah hidup membawa satu atau dua karakteristik di dunia lewat tampilan jiwa mereka. Jiwa yang belum dilepas ke bumi tampil dalam bentuk mirip bola-bola bulu bermata bulat seperti 22.



Simak Video "Soul Sabet Piala Animasi Terbaik Oscar 2021"
[Gambas:Video 20detik]