Stephen Chow dan Aktor Legenda Hong Kong Angkatannya

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 15 Okt 2020 06:30 WIB
Stephen Chow
Stephen Chow, Andy Lau dan Chow Yun Fat. Dok. Instagram
Jakarta -

Stephen Chow kini tengah jadi perbincangan karena terlilit hutang hingga ratusan miliar. Bahkan ia sempat menggadaikan rumah mewahnya itu dan hampir saja dibeli oleh seseorang dengan harga 198 juta dollar, namun ia tak melepasnya.

Berkarier di dunia seni peran sejak usia remaja, pria yang dijuluki Raja Komedi Asia itu telah menghasilkan lebih dari 50 judul film. Stephen Chow pun kerap membuat parodi dari film Hollywood maupun film-film lokal dengan gaya khasnya.

Ia pun dilaporkan memiliki harta kekayaan sebesar Rp 3,43 triliun pada periode 2018 hingga Juni 2019. Namun akibat pandemi Corona, industri film pun mendapatkan dampak hebat termasuk perusahaan miliknya. Stephen Chow dianggap gagal mengembalikan keuntungan yang dijanjikan sebesar 180 juta dollar.

Lalu, bagaimana dengan kabar rekan-rekannya yang menjadi aktor legenda di Hong Kong?

Leslie Cheung

Leslie CheungLeslie Cheung Foto: Dok. Instagram

Mengawali karier sebagai penyanyi, Leslie Cheung, dikenal sebagai salah satu aktor terkenal di Hong Kong sejak era 80'an hingga 90 akhir. Beragam film-film pernah dimainkannya seperti Rouge pada 1988, Farewell My Concubine pada 1993 hingga Who's The Woman, Who;s The Man pada 1996 dan Happy Together pada 1997.

Menjadi idola anak muda pada eranya, Leslie sempat membuat pernyataan yang mengejutkan terkait orientasi seksualnya itu. Ia pun dikenal sebagai salah satu selebriti Hong Kong pertama yang mengakui jika dirinya adalah penyuka sesama jenis.

Pada 2003 lalu, ia memilih mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis yakni melompat dari lantai 24 hotel Mandarin Oriental di Hong Kong setelah mengalami depresi.

Chow Yun Fat

Chow Yun Fat dan IstriChow Yun Fat Foto: Istimewa

Jika mendengar nama Chow Yun Fat maka kita akan teringat dengan penampilannya sebagai raja judi. Siapa sangka jika pria kelahiran 18 Mei 1955 itu sudah memainkan lebih dari 100 judul film dan 20 serial televisi hingga saat ini.

Chow Yun Fat dikenal lewat beberapa filmnya seperti God of Gamblers pada 1989, All About Ah-Long pada 1990, Hard Boiled pada 1992, Crouching Tiger, Hidden Dragon pada 200 dan yang terkini Pirates of the Caribbean: At Worlds End pada 2007 lalu.

Selain terkenal, ternyata Chow Yun Fat juga merupakan pribadi yang sederhana dan dermawan. Ia bahkan menyumbangkan kekayaannya sebesar Rp 10 triliun pada sebuah lembaga amal saat ia meninggal nanti.

Andy Lau

andy lauAndy Lau. Foto: fimela

Andy Lau sempat menjadi standar ketampanan pria-pria Asia, khususnya untuk generasi 90'an. Selain wajah tampannya, ternyata pria kelahiran 27 September 1961 itu telah bermain dalam 160 film dan sudah mengantongi lebih dari 200 penghargaan.

Andy Lau juga sempat mendapatkan julukan sebagai Four Heavenly Kings untuk musik Cantopop pada era 80 sampai 90'an bersama Jacky Cheung, Leon Lai dan Aaron Kwok. Andy Lau mengawali kariernya di dunia seni peran dengan tampil di serial televisi The Emissary pada 1982 dan peran fenomenalnya di The Return of the Condor Heroes pada 1983.

Pada tahun lalu Andy Lau sempat ingin menggelar acara perayaan ulang tahunnya, namun acara tersebut batal karena aksi demonstrasi yang terjadi di sana, Kemudian ia juga berencana menggelar konser tur dunianya, namun acara tersebut juga batal karena pandemi virus Corona.

Tony Leung Chiu-Wai

BEIJING, CHINA - MAY 14: Hong Kong international actor Tony Leung attending the Chrome Hearts Beijing Store Opening on May 14, 2014 in Beijing, China.  (Photo by Etienne Oliveau/Getty Images for Chrome Hearts)Tony Leung Chiu-wai. (Photo by Etienne Oliveau/Getty Images for Chrome Hearts)

Tony Leung Chiu-wai menjadi salah satu aktor paling terkenal dengan kemampuan akting handal di Hong Kong. Sejak memulai kariernya pada 1981, ia langsung mencuri perhatian para penikmat film. Apalagi saat tampil bersama Chow Yun Fat di Hard Boiled pada 1992 yang menuai banyak pujian.

Tony Leung kerap tampil dalam film aksi hingga drama seperti Chungking Express pada 1994, Happy Together pada 1997, Infernal Affairs pada 2002 dan Lust, Caution pada 2007.

Hingga saat ini ia pun masih aktif di dunia film dan yang terbaru adalah penampilannya di film Marvel Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings. Dalam film tersebut ia didapuk sebagai The Mandarin, sang villain.

Ng Man Tat

Ng Man TatNg Man Tat. Foto: Dok. Ist

Meskipun berkarier lebih dahulu, tak sah rasanya jika membahas Stephen Chow tanpa melibatkan rekan sejatinya yakni Ng Man Tat. Ia dikenal dengan perannya di berbagai film komedi, mulai dari bersama Bo Bo Ho hingga Stephen Chow.

Lahir pada 2 Januari 1952, Ng Man Tat memulai kariernya di dunia seni peran sejak 1977 lalu lewat film Hong Kong Emmanuelle. Ia pun sempat beradu peran dengan Chow Yun Fat pada God of Gamblers pada 1989 lalu.

Duet antara Stephen Chow dan Ng Man Tat sempat mewarnai industri film Hong Kong. Total lebih dari 20 film yang diperankan keduanya hingga julukan Paman Tat pun melekat pada sosoknya.

Penampilan terbaru Ng Man Tat pun sempat membuat heboh dunia maya. Ia tampak lebih kurus dalam sebuah foto yang diunggah netizen. Pada 2014 lalu, Ng Man Tat memang sempat mengalami gagal jantung dan dilarikan ke ICU. Selain itu ia juga mengidap diabetes hingga berat badannya turun 38 kg.



Simak Video "Aktor Hong Kong Stephen Chow Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/srs)