Tanggapan XXI soal Kabar Bioskop di Bandung Buka di Tengah Pandemi

Devy Octafiani - detikHot
Jumat, 09 Okt 2020 15:45 WIB
Begini kondisi gedung Metropole XXI yang tutup di Jakarta, Kamis (27/8/2020). Pemerintah dalam waktu dekat ini akan mengizinkan bioskop buka secara bertahap di tengah pandemi Corona.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Bioskop di Jakarta masih belum memulai operasional kembali. Namun ada kabar berbeda dari kota lain.

Bioskop di kota Bandung dikabarkan sudah kembali beroperasi. Dilansir dari detikTravel, ada 9 dari 15 bioskop yang beroperasi.

Salah satunya yaitu bioskop di bawah jaringan XXI. Soal ini, XXI buka suara.

Mereka membantah sudah memulai operasional dan memutar layar pekan ini. Hal tersebut diungkapkan XXI dalam pernyataan resmi yang diterima detikcom.

"Hingga saat ini (9 Oktober 2020) Cinema XXI belum melakukan kegiatan operasional kembali di Bandung," bunyi pernyataan tersebut.

Terhitung, sudah tujuh bulan bioskop XXI belum beroperasi. Sektor hiburan jasa ini menjadi salah satu yang terkena dampaknya.

XXI belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai masih ditutupnya operasional bioskop XXI meski sudah ada izin dari Pemerintah Kota Bandung.

"Nanti akan kami sampaikan alasannya," ungkap Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol.

Meski belum beroperasi, XXI memastikan perawatan dan pemeliharaan bioskop sesuai dengan protokol kesehatan. Di antaranya penyemprotan disinfektan secara berkala.

"Semua dikerjakan oleh satuan tugas khusus yang dibentuk sejak saat bioskop berhenti beroperasi sementara waktu," imbuh Dewinta.

Jakarta pusat distribusi film

Bicara soal pembukaan kembali operasional bioskop, hal ini sempat disinggung oleh ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI).

Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia, Djonny Syafruddin pernah mengatakan beberapa waktu lalu, Jakarta menjadi acuan distribusi film ke daerah-daerah.

Selama ini, peredaran film ke seluruh Tanah Air terpusat di Jakarta. Tetapi, melepas film untuk diputar lebih dulu di daerah tak jadi solusi utama untuk menggerakkan industri film di Tanah Air kembali menggeliat.

"Filmnya kan di Jakarta semua, jadi nggak mungkin yang punya film putar dulu di daerah kemudian beberapa bulan lagi puter di Jakarta, nah strategi marketingnya rusak itu kan. Makanya saya pingin first run nya bareng-bareng, dari Jakarta ke daerah," ungkap Djonny beberapa waktu lalu.

Upaya membuka bioskop di daerah sudah sempat dilakukan di Kendari. Namun hal itu dinilai tak berhasil. Bioskop melakukan buka-tutup namun hasilnya tak memenuhi target.

Bioskop Jakarta sempat direncanakan dibuka 29 Juli dan 10 September. Namun hal itu akhirnya urung dilakukan usai diterapkannya PSBB total.



Simak Video "Sepekan Dibuka, Bioskop di Bandung Masih Sepi Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)