Napi WN China Kabur Gali Lubang, Ingat The Shawshank Redemption

Devy Octafiani - detikHot
Senin, 05 Okt 2020 16:51 WIB
The Shawshank Redemption
The Shawshank Redemption / Foto: (dok.imdb.)
Jakarta -

Seorang narapidana asal China jadi sorotan sejak sepekan lalu. Ia adalah Cai Changpan yang diketahui kabur dari Lapas Tangerang dengan cara menggali lubang dari selnya.

Kepolisian menemukan lubang tersebut berada di bawah tempat tidur Changpan. Dalam keterangannya, polisi juga menyampaikan Changpan menggali sejak 8 bulan lalu, lubang tersebut dengan perkakas obeng juga besi yang ditemukan sebagai barang bukti.

Kisah Changpan bak di film. Sebuah film berjudul The Shawshank Redemption memiliki kisah yang serupa dengan apa yang dijalani oleh Changpan.

Film besutan Frank Darabont yang dirilis di tahun 1994 itu menceritakan kisah seorang narapidana yang berhasil kabur dari hukumannya seumur hidup di pusat penjara negara Shawshank. Sang napi adalah Andy Dufresne yang dikisahkan didakwa atas pembunuhan istri dan kekasihnya.

Hukuman ini mengubah hidup Andy yang dikenal mapan sebagai seorang akuntan. Ia harus mendekam di penjara Shawshank bersama banyak napi lainnya.

Film adaptasi novel Stephen King ini mengurai kehidupan yang Andy jalani bersama dengan sejumlah napi yang menjadi sahabatnya, salah satunya napi bernama Red yang diperankan Morgan Freeman.

Bila Cai Changpan menutupi lubangnya menuju pembebasan dengan tempat tidur, tokoh Andy Dufresne mengecoh penjaga dengan menutup lubangnya menggunakan sebuah poster. Ia menggali lubang tersebut di selnya.

The Shawshank Redemption masuk dalam daftar film terbaik di era 1990-an. Film ini juga tercatat dalam tujuh nominasi Oscar di tahun 1994. Meski begitu, The Shawshank Redemption tak kebal dari kritik.

Film ini dianggap minim aktor perempuan dan dinilai tak populer karena mengadaptasi kisahnya tentang sebuah penjara.

Gaung The Shawshank Redemption baru terdengar usai beberapa tahun setelah rilis. Dirilis di tahun 1993 dan tak menuai tanggapan positif bahkan dari segi komersil, The Shawshank Redemption baru diminati dua tahun setelahnya dengan masuk dalam daftar film yang paling laris disewa di tahun 1995. Film ini juga masuk dalam kategori film yang harus dilestarikan di AS tercatat di National Film Registry di 2015.



Simak Video "News Of The Week: Napi Cai Changpan Gantung Diri, Pollycarpus Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)