8 Film Thriller Terbaik yang Wajib Ditonton

Tim detikcom - detikHot
Senin, 10 Agu 2020 16:03 WIB
s
Foto: ist/8 Film Thriller Terbaik yang Wajib Ditonton
Jakarta -

Film thriller acap kali dianggap serupa dengan dengan film horor. Kedua genre ini memang sama-sama menyajikan ketegangan. Namun sebenarnya film horor dan film thriller berbeda. Jangan sampai salah menonton.

Perbedaan mendasar kedua genre ini yakni soal tema. Tema cerita thriller terkait peristiwa realistis yang kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti kasus pembunuhan, gangguan kejiwaan, misteri, mata-mata, dan teori konspirasi.

Sementara tema cerita horor tentang dunia supranatural dan cerita mitos. Film thriller memacu adrenalin penonton dan memberikan pesan moral. Sedangkan horor menciptakan rasa takut.


Berikut film Thriller Terbaik:

1. Parasite

sFoto: ist/8 Film Thriller Terbaik yang Wajib Ditonton

Film Parasite merupakan salah satu film thriller terbaik. Film Korea Selatan ini memenangkan 4 piala utama Oscar 2020 yakni Best Picture, Best Director, Best International Feature, dan Best Original Screenplay. Film ini bercerita tentang anggota keluarga Ki Taek yang semua anggota keluarganya pengangguran. Mereka tinggal di apartemen kecil.

Suatu hari Min-hyuk, seorang mahasiswa memberi keluarga Ki Taek sebuah batu. Batu disebut dapat menjanjikan kekayaan kepada pemiliknya. Beberapa lama setelah itu, Ki-woo ditawarkan menjadi guru les bahasa Inggris palsu putri keluarga kaya Park. Da-hye menggantikan posisi Min-Hyuk yang mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Seluruh anggota keluarga Ki-taek lama-lama juga bekerja di kediaman Tuan Park. Profesinya mulai dari seorang guru seni, sopir pribadi, dan asisten rumah tangga. Kemudian muncul konflik-konflik yang menegangkan antara keluarga Park dan Ki-taek hingga akhirnya munculah insiden menyeramkan.

2. Invisible Man

Poster Film The Invisible ManPoster Film The Invisible Man Foto: Universal Pictures

Film thriller ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul sama karya H. G. Wells pada tahun 1933. Film yang dirilis pada Februari 2020 ini disutradarai oleh Leigh Whannell yang pernah menyutradarai film Insidious: Chapter 3 (2015).

The Invisible Man berkisah tentang Cecilia Kass (Elisabeth Moss) yang mendapatkan kabar bahwa mantan kekasihnya, seorang ilmuwan kaya Adrian Griffin (Oliver Jackson-Cohen) telah meninggal karena bunuh diri. Adrian juga mewariskan sebagian besar kekayaannya pada Cecilia. Cecilia yang kerap mendapat tindakan kekerasan dari mantannya itu menduga bahwa kematian pacarnya adalah kebohongan. Cecelia mencoba membuktikan itu kepada orang lain jika Adrian masih hidup.

3. Se7ven

Se7en bisa menjadi salah satu rekomendasi film thriller terbaik. Film yang dirilis tahun 2005 itu berkisah tentang dua detektif yakni satu masih muda dan satu lagi sudah berpengalaman memburu pembunuh berantai. Detektif berpengalaman itu menggunakan seven deadly sins sebagai modus aksinya. Seven deadly sins merupakan tujuh dosa yang sering dilakukan manusia, yaitu gluttony, greed, sloth, wrath, pride, lust, dan envy. Pembunuh berantai dalam film ini pun membunuh korbannya berurutan dari dosa yang dilakukan korbannya.

4. Zodiac

Zodiac adalah salah satu film thriller psikologi terbaik. Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai kasus pembunuhan yang terjadi di San Fransisco pada zaman 60-70an. Kasus itu diberi nama zodiac.

Kasus ini tidak terpecahkan dan pelakunya rajin mengirimkan surat berisi cerita pembunuhannya serta kode sandi ke media massa. Salah seorang kartunis yang merupakan mantan pramuka bernama Robert Graysmith terobsesi dengan zodiac saat pertama dia melihat surat berkode yang diberikan zodiac ke kantornya.

5. Glass

Glass merupakan salah satu film thriller terbaik. Film yang dirilis tahun 2019 ini berkisah tentang pertemuan dua manusia unik, yakni David Dunn (Bruce Willis) dan James McAvoy. Mereka sama-sama memiliki banyak kepribadian dan dapat berubah sewaktu-waktu.

6. Black Swan (2010)

Cuplikan film 'Black Swan'.Cuplikan film 'Black Swan'. Foto: Dok. Fox Searchlight Pictures

Film bergenre thriller, Black Swan memenangi Piala Oscar 2011. Bintang utamanya, Natalie Portman dinobatkan sebagai pemeran utama terbaik. Selain itu, film ini juga masuk nominasi Oscar di empat kategori lainnya.

Black Swan berkisah tentang Nina (Natalie Portman) yang merupakan seorang balerina berbakat. Dia harus bersaing dengan Lily (Mila Kunis) untuk mendapatkan karakter utama di Swan Lake. Saat berkompetisi untuk mendapatkan peran tersebut, Nina berniat ingin menghabisi Lily.


8. I Know What You Did Last Summer

Film I Know What You Did Last Summer merupakan salah satu film thriller terbaik yang dirilis tahun 1997. Film yang dibintangi aktris Jennifer Love Hewitt ini berkisah tentang sekumpulan remaja yang pergi berlibur. Mereka ingin merayakan hari kelulusan sekolah mereka.

Mereka pun mabuk-mabukan dan tidak fokus menyetir. Hingga mereka menabrak salah seorang pria yang sedang berada di jalan. Mereka semua kemudian menjadi panik karena orang yang ditabrak meninggal dunia. Hingga akhirnya mereka sepakat untuk membuang mayat pria tersebut ke laut. Setahun pun berlalu. Julie (Jennifer Love Hewitt) yang telah berkuliah menemukan sebuah surat bertuliskan 'i know what you did last summer' usai pulang dari kuliah.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)