Masa Depan Fantastic Beasts setelah Cuitan Kontroversial JK Rowling

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 11 Jun 2020 15:40 WIB
JK Rowling
Foto: IMDB/ Istimewa
Jakarta -

Pernyataan JK Rowling soal antitransgender lewat kicauannya di Twitter berbuntut panjang. Ada dampak yang dinilai mengkhawatirkan tak cuma pada kariernya.

Hal ini juga bisa berdampak pada semesta Fantastic Beasts yang berkembang dari dunia Harry Potter. Kicauannya tentang antitransgender dianggap tak sejalan dengan kisah-kisah yang tertanam dalam karangannya lewat Harry Potter yang mengusung kesetaraan dan kekuatan cinta kasih.

"Bagi seseorang yang selama ini teguh berdiri atas nama kesetaraan dan toleransi, saya merasa agak hancur," ungkap seorang pendiri perusahaan acara konvensi penggemar Harry Potter bernama LeakyCon seperti dilansir Variety.



Kicauan tersebut juga memancing tanggapan pengawas media LGBT, GLAAD. Organisasi tersebut bahkan meminta pihak-pihak yang bermitra dengan Rowling termasuk Warner Bros untuk memberi peringatan pada sang penulis.

Studio Warner Bros sendiri dilaporkan menolak menanggapi pernyataan GLAAD dan kekisruhan yang belakangan ramai.

Tokoh-tokoh dari cerita Harry Potter sendiri berseberangan dengan JK Rowling. Daniel Radcliffe mengungkapkan ia tak setuju dengan pernyataan seksualitas yang berujung pada pemikiran antitransgender sang penulis.

HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 28:  Actor Eddie Redmayne attends the 88th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 28, 2016 in Hollywood, California.  (Photo by Ethan Miller/Getty Images)HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 28: Actor Eddie Redmayne attends the 88th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 28, 2016 in Hollywood, California. (Photo by Ethan Miller/Getty Images) Foto: Ethan Miller/Getty Images



Belakangan aktor utama Fantastic Beasts, Eddie Redmayne juga bersuara.

"Saya tidak setuju dengan komentar Jo," kata Redmayne. "Wanita trans adalah wanita, pria trans adalah pria dan identitas non-biner adalah valid," tukasnya.

Langkah keras juga diungkapkan salah seorang penggemar yang memutuskan tak lagi menjadikan semesta Harry Potter dan Fantastic Beasts menjadi favoritnya.



Setelah kesuksesan Harry Potter, Fantastic Beasts menjadi pengembangan kisah dunia sihir yang dibawa secara visual oleh Warner Bros. Film pertamanya disambut baik dengan pendapatan 814 juta dolar lewat penayangannya secara global.

Sebelumnya, masalah rumah tangga Johnny Depp dengan Amber Heard pernah menjadi kekhawatiran bagi JK Rowling terhadap image Fantastic Beasts.

"Penggemar Harry Potter memiliki pertanyaan dan kekhawatiran yang kuat tentang pilihan kami untuk melanjutkan peran Johnny Depp," kata Rowling dalam sebuah pernyataan beberapa waktu lalu.

Hal yang sama agaknya tak bisa dihindari dari kicauan yang dilontarkan Rowling.




Simak Video "Di Balik RIP JK Rowling yang Bergema di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/imk)