detikHot

movie

Jalani Syuting Minimalis, Reza Rahadian Harap Dapat Digunakan saat New Normal

Sabtu, 30 Mei 2020 07:07 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Senayan. Reza Rahadian Foto: Haikal Harlan/detikcom
Jakarta -

Tak lama lagi Indonesia akan menerapkan program 'new normal' demi tetap melanjutkan aktivitas di tengah pandemi Corona. Reza Rahadian berharap konsep 'new normal' tak mempengaruhi jalannya syuting film pada umumnya.

Reza yang kini telah menyelesaikan mini seriesnya, 'Sementara, Selamanya' mengaku telah menerapkan konsep syuting pada umunya namun dengan beberapa hal yang serba sedikit.

Ia telah meminimalisir jumlah episode, waktu syuting, kru yang ada pada set, termasuk peralatan syuting. Hal ini dilakukan juga sebagai terobosan baru agar dunia perfilman tetap berjalan di tengah pandemi.

"Pertama dengan jumlah episode saya meminimalisir aktornya, mengerjakan project ini tiga hari. Setiap hari saya selesain dua episode, dan banyak orang yang merangkap berbagai job gitu. Jadi emang kayak gitu," katanya.

"Kru yang ada memang sedikit apalagi saat proses syuting. Selebihnya tidak ada yang di lokasi. Banyak hal yang harus diminimalisir tapi mudah-mudahan itu tidak mengurangi dari esensi dan estetika dari 'Sementara, Selamanya'", tutur Reza lagi.

Diakui Reza, ia hanya meminta tujuh orang kru dalam pembuatan mini series ini. Mereka pun diminta untuk memegang beberapa pekerjaan sehingga mempermudah pengerjaan syuting dengan orang yang sedikit.

"(Kru) Tujuh orang yang terlibat karena tidak semua terlibat jadi gantian. Memang waktu untuk set kita nggak ada alat-alat besar. Karena kru yang sedikit gitu kita bisa lebih mudah memanage gitu. Kamera juga nggak perlu yang besar," jelas Reza.

Dalam 'Sementara, Selamanya' juga dianggap debut pertama Reza sebagai seorang sutradara. Ia merasa proses syuting yang serba sedikit ini cukup membuatnya kesulitan.

Meski begitu, Reza berharap caranya ini dapat menjadi contoh bagi sineas film lainnya. Pernyataannya itu juga demi tetap berjalannya industri film di tengah pandemi.

"Agak sedikit ribet tapi bisa berjalan. Kami ini gotong royong, kita kerjain semuanya bareng-bareng," tuturnya.

"Menurut saya mudah-mudahan ini saya mencari cara karena ini kita mau mulai 'new normal'. Saya berharap mungkin di tengah pandemi ini bioskop yang belum buka. Ada orang-orang pekerja film yang tetap bisa bekerja tapi tetap menyesuaikan kondisi kayak gini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi harapan yang bisa dilakuin temen-temen film," papar Reza.




Simak Video "Syuting Miniseri saat Pandemi, Reza Rahadian Pangkas Jumlah Kru"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com