Jadi Kontroversi, Film Dokumenter 'Planet of The Humans' Dihapus dari YouTube

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 26 Mei 2020 20:35 WIB
Planet of the Humans.
Planet of the Humans. Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Film dokumenter yang diproduseri Michael Moore bertajuk 'Planet of the Humans' dihapus oleh YouTube. Hal ini disebabkan karena pelanggaran hak cipta yang dilaporkan oleh fotografer asal Inggris, Toby Smith.

Toby merasa dirinya tak pernah memberikan izin atas hasil karyanya tersebut untuk digunakan dalam film dokumenter kontroversial tersebut. Selain itu film itu juga dianggap tak akurat dan menyesatkan oleh beberapa peneliti dan aktivis iklim.

"Aku lebih memilih untuk mengadu ke YouTube dibandingkan mendekati pembuat film karena aku tak tertarik untuk bernegosiasi. Aku tak mendukung film dokumenter tersebut. Aku tak setuju dengan pesannya dan aku tak suka jika fakta yang ada disesatkan oleh narasi di sana," ujar Toby.

Michael Moore pun memberikan tanggapan dan merasa jika karyanya tersebut tak melanggar apapun. Ia merasa ada elit politik yang keberatan dengan film tersebut hingga membuat video itu dihapus.

Sang sutradara, Jeff Gibbs pun mengaku jika dirinya kini tengah menjalin kerjasama dengan YouTube untuk masalah tersebut.

"Penurunan film kami dan pencegahan publik untuk melihatnya adalah sebuah kebrutalan dalam sistem sensor atas kritik politik dari Planet of the Humans," ungkapnya.

Ia merasa tak ada pelanggaran hak cipta dalam film tersebut dan mengatakan jika tindakan tersebut adalah pelanggaran dalam hak kebebasan berpendapat.

'Planet of the Humans' sudah disaksikan oleh delapan juta orang di YouTube sejak bulan lalu. Film tersebut pun mengundang kontroversi dan disebut sebagai propaganda dari sayap kiri dengan data-data yang aneh dan menyesatkan.



Simak Video "Tanpa Gimik Sensasi, Cara 'Frost Diamond' Gaet Jutaan Penonton di YouTube!"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)