'Ustadz Jaga Jarak' Jalani Syuting dari Rumah di Tengah Pandemi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 11 Mei 2020 21:01 WIB
Ustadz Jaga Jarak
Foto: Ustadz Jaga Jarak
Jakarta -

Ustadz Fahmi (Ade Firman Hakim) adalah seorang ustadz perantau yang tidak dapat pulang ke kampung halaman menemui orang tuanya karena adanya masa pandemi COVID-19.

Meski tengah berada di masa karantina, akan tetapi, Ustadz Fahmi tetap membuka konsultasi secara online untuk mereka yang ingin belajar agama dari dirinya.

Dalam memberikan siraman rohani secara online, sang ustadz didampingi oleh temannya yang berprofesi sebagai seorang DJ bernama Zidan (Dimaz Andrean).

Cerita di atas merupakan penggalan kisah web series 'Ustadz Jaga Jarak' produksi Temata Studios. Seri itu tayang setiap Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 16.00 WIB di kanal YouTube Menjadi Manusia.

Menariknya, web series yang digarap oleh sutradara Rahabi Mandra itu melakukan pengambilan gambar jarak jauh di mana seluruh pemain dan orang-orang yang terlibat di dalamnya mengerjakan segala sesuatunya dari rumah.

"Sebenarnya kami cuman mau merefleksikan cerita ini kepada masyarakat, dengan harapan (penonton) bisa terhibur. Kami lebih ingin, 'Yuk, kita bikin sesuatu, kita lakukan saja'," kata Rahabi Mandra dalam wawancara virtual, Senin (11/5/2020).

Proses syuting jarak jauh itu dilakukan dengan tim kecil yang beranggotakan kurang lebih delapan orang. Sebelum syuting, mereka melakukan pertemuan melalui aplikasi rapat virtual.

"Pada dasarnya nomor satu yang harus ditegakkan itu komunikasinya. Kami pakai (aplikasi) Zoom untuk semua ngumpul di situ, pemain, sutradara, dan kru yang terbatas, nggak lebih dari delapan (orang). Semua pemain di rumah masing-masing," ujar Rahabi.

Oleh karena itu, koneksi internet yang memadai sangat dibutuhkan dalam proses syuting. "Keterbatasan internet juga ngaruhnya besar, sering kejadian juga, di tengah-tengah syuting, tau-tau nge-hang aja, kami nggak bisa meninjau ulang," ceritanya.

Selain dibintangi oleh Ade Firman Hakim dan Dimaz Andrean, tokoh-tokoh dalam 'Ustadz Jarak Jauh' juga diperankan oleh Echa Oemry, Karlina Inawati, Kiki Narendra, Mian Tiara, Ina Marika Zuli, Leon dan Oscar Lolang dan lain-lain.



Simak Video "Bocoran Terkait Serial 'Loki' di Trailer Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)