Kritik Irrfan Khan pada Bollywood

Devy Octaviany - detikHot
Rabu, 29 Apr 2020 20:19 WIB
DUBAI, UNITED ARAB EMIRATES - DECEMBER 08:  Irrfan Khan attends a photocall on day three of the 14th annual Dubai International Film Festival held at the Madinat Jumeriah Complex on December 8, 2017 in Dubai, United Arab Emirates.  (Photo by Vittorio Zunino Celotto/Getty Images for DIFF)
Foto: Irrfan Khan (Getty Images/Vittorio Zunino Celotto)
Jakarta -

Sebagai aktor, Irrfan Khan memiliki prinsipnya sendiri tentang keberadaannya sebagai aktor asal India. Ia tak ingin terikat dengan identitas Bollywood, label mentereng yang menempel pada industri perfilman India.

Ia pun punya kritik tersendiri atas nama 'bollywood'.


"Aku selalu keberatan dengan istilah itu. Rasanya tak adil karena industri itu memiliki tekniknya sendiri, caranya sendiri membuat film yang tidak ada hubungannya dengan meniru Hollywood," ujarnya seperti dilansir The Guardian.

Istilah Bollywood ditambahkan Khan menghilangkan identitas sejati perfilman India.

"Apa yang mendefinisikan sinema India? Hal itu adalah perayaan, kami merayakan segalanya dan sinema India merupakan perpanjangan dari itu, jadi mengapa mereka kehilangan identitas mereka dengan menyebutnya Bollywood?" imbuhnya.


Untuk mengembalikan perfilman India ke akarnya, Irrfan Khan pun mendirikan rumah produksinya sendiri bersama sang istri, Sutapa Sikdar. Lewat rumah produksi tersebut ia ingin mengembalikan semangat kreatif dan eksperimen dari gerakan sinema paralel India yang pernah berkembang pesat.

"Jika Anda melihat film gelap yang mengganggu Anda, India tidak akan menyukainya. Jika itu adalah tragedi, mereka akan menyukainya. Mereka suka menangis. Itu juga berlaku untuk saya. Hal pertama yang saya lakukan ketika saya membaca sebuah skrip adalah menemukan apa yang mengejutkan saya. Itulah yang saya hubungkan dengan idealisme yang saya miliki," tuturnya.



Simak Video "Aktor 'Life of Pi' Irrfan Khan Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)