detikHot

movie

Disney PHK Pekerja Imbas Corona

Rabu, 22 Apr 2020 21:20 WIB Nugraha - detikHot
Putri Disney Foto: Istimewa
Jakarta -

Disney disebut melakukan PHK terhadap para pekerja. Mereka menghentikan sementara pembayaran terhadap 100.000 pekerja.

Kabar tersebut ditulis oleh Financial Times yang dilansir dari CNBC. Mereka menetapkan rencana untuk memberlakukan cuti yang tidak dibayar, pertama untuk bebera[a karyawan non-serikat, kemudian dalam kesepakatan selanjutnya dengan 43.000 pekerja serikat.


Mereka akan membayar 100 persen dari biaya asuransi kesehatan untuk pekerja yang masuk lebih dari 12 bulan. Sementara sebagian besar yang terkena adalah para pekerja di taman hiburan. Meski belakangan juga meluas ke semua divisi Disney lainnya, termasuk studio film dan divisi TV. Disney juga meminta eksekutif seniornya untuk menerima pemotongan gaji.

Keputusan Disney sangat kontras dengan dua raksasa media lainnya, Comcast, yang memiliki NBCUniversal, dan AT&T, yang memiliki WarnerMedia yang belum mengumumkan cuti atau PHK.

DisneyDisney Foto: dok Disney


Ketiganya merupakan konglomerat media. Disney punya pasar sebesar 185 miliar USD, Comcast dengan 169 miliar USD, dan AT&T sebesar 222 miliar USD. Mereka memang menghadapi beberapa tantangan serupa, yaitu memiliki studio film yang menderita karena penutupan bioskop. Ditambah pendapatan iklan yang terus merosot karena siaran langsung olahraga telah dihentikan.

Studio film Disney, mendominasi dengan 38 persen pangsa pasar, termasuk properti dari akuisisi Fox tahun lalu. Disney dipuji karena keberhasilannya yang konsisten dengan film yang menarik banyak penonton ke bioskop.


Sementara Universal dan studio lain telah mengambil langkah untuk 'menjual' film langsung ke konsumen dengan video on demand, Disney telah memutuskan untuk menunda sebagian besar filmnya sampai teater dibuka kembali.

Tapi Disney jadi salah satu raksasa media yang pertama punya layanan streaming sendiri. Disney +, adalah yang pertama diluncurkan dibanding ketiga raksasa media lain. Disney melaporkan sudah punya 50 juta pelanggan pada 10 April.





Simak Video "Kolaborasi Disney bareng Seniman dan Desainer Indonesia untuk 'Onward'"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com