'Tenggelamnya Kapal Van der Wijck', Bisa Jadi Rekomendasi Kamu Nonton di Rumah

Lusiana Mustinda - detikHot
Rabu, 22 Apr 2020 19:44 WIB
Poster Film bernuansa cinta
Film 'Tenggelamnya Kapal Van der Wijck'. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kapal Van der Wijck memang lebih dikenal dengan novel karya Hamka yang legendaris. Dalam film tersebut, diceritakan tentang cinta dan upaya membangkitkan kesadaran bangsa.

Film yang diperankan oleh Herjunot Ali dan Pevita Pearce ini diputar tahun 2013. Berisi tentang kata-kata pujangga dan terdapat unsur kebudayaan Indonesia. Ada beberapa hal menarik yang perlu kamu ketahui tentang film ini.

Fakta menarik tentang 'Tenggelamnya Kapal Van der Wijck':

1. Novel Karya Buya Hamka

Film berjudul 'Tenggelamnya Kapal Van der Wijck' ini merupakan novel karya Tuan Haji Abdul Malik Amarullah atau orang-orang yang menyebutnya sebagai Buya Hamka yang mahsyur.

2. Diangkat Sebagai Film

Novel karya Buya Hamka ini kemudian diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2013. Film ini diperankan oleh Pevita Pearce (Hayati), Herjunot Ali (Zainuddin), Reza Rahadian (Aziz) dan Randy Danistha (Muluk).

Ini merupakan film drama romantis yang disutradarai oleh Sunil Soraya dan diproduseri oleh Ram Soraya. Film ini menceritakan tentang Zainuddin yang berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Padang Panjang. Ia terpikat pada seorang gadis jelita bangsawan bernama Hayati. Namun apa daya, adat istiadat menghalangi cinta mereka.

3. Kisah Nyata


Kisah tentang Kapal Van der Wijck memang benar-benar nyata. Van der Wijck adalah kapal milik maskapai pelayaran Belanda, Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM). Namanya diambil dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda Carel Herman Aart van der Wijck (1840-1914). Ia berkuasa dari tahun 1893 hingga 1899.

4. Tenggelam di Laut Jawa


Kapal Van der Wijck memiliki panjang 97,5 meter, lebar 13,4 meter dan tinggi 8,5 meter. Pada 20 Oktober 1936, ketika hendak berlayar dari Surabaya menuju Tanjung Priok mengalami kecelakaan dan tenggelam di laut Jawa.

5. Jadi Berita Dunia


Atas tenggelamnya kapal Van der Wijck ini tidak hanya berita berbahasa Indonesia beredar. Koran-koran berbahasa Belanda di Belanda dan koran berbahasa Inggris di Australia juga menulis berita tenggelamnya kapal Van der Wijck yang memberitahukan bencana yang dialami kapal tersebut.



Simak Video "Film 'Buya Hamka' Mundur Tayang di Bioskop Akibat COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)