detikHot

movie

Contagion Hingga The Flu, Film Soal Wabah yang Bikin Merinding

Rabu, 18 Mar 2020 18:19 WIB Lusiana Mustinda - detikHot
Train To Busan Film soal wabah. Foto: Next Entertainment World.
Jakarta -

Sebelum virus corona mewabah seperti sekarang ini, sejumlah sutradara membuat film tentang wabah penyakit. Kini film-film tentang wabah penyakit tersebut banyak dicari. Ada juga drama Koreanya.

Selain drama Korea, ada juga beberapa film menarik soal wabah yang menegangkan dan pastinya bikin merinding. Salah satunya adalah Contagion hingga The Flu.

Berikut ini beberapa film soal wabah yang menarik kamu tonton:

1. Contagion

Film soal wabah.Film soal wabah. Foto: Dok. Warner Bros

Film Contagion disebut netizen kronologi ceritanya mirip virus corona. Film ini dirilis pada tahun 2011 dan disutradarai oleh Steven Soderbergh. Contagion dibintangi oleh Gwyneth Paltrow, Jude Law dan Matt Damon yang menceritakan bagaimana pemerintah Amerika Serikat berupaya untuk mencegah penyebaran virus yang telah menewaskan jutaan orang di dunia.

Cerita tersebut berkisah tentang Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang baru saja kembali ke Chicago usai perjalanan bisnis dari Hong Kong. Ia pun tampak terserang flu saat tiba di rumahnya, bahkan kondisinya semakin memburuk. Sang suami, Mitch (Matt Damon), pun membawanya ke rumah sakit tapi sayangnya nyawanya tak tertolong.

Putranya, Clark, pun terkena penyakit yang sama dan meninggal dunia. Karena hal tersebut Mitch dikarantina dan dilepaskan usai dinyatakan bebas virus tak dikenal itu. Pemerintah pun berupaya untuk mencari asal virus tersebut dan juga anti-virusnya. Penasaran bagaimana kelanjutan ceritanya? Kamu bisa menonton film Contagion di Netflix ataupun Catchplay.

2. The Flu

Film soal wabah.Film soal wabah. Foto: Istimewa

Film The Flu kembali dibicarakan sejak munculnya virus corona pertama kali di Wuhan. Film yang mengambil latar belakang Kota Bundang, Seongnam ini bercerita tentang virus yang menyerang warga dan menyebabkan batuk parah. Mereka yang terinfeksi akan meregang nyawa dalam 36 hari.

Penyakit ini menyebar dari perdagangan manusia ilegal yang dikirim melalui laut dengan menggunakan container. Manusia yang dimasukkan container ini tanpa diberi makan ataupun kebutuhan pribadinya. Beberapa manusia ini mengalami kematian saat sampai di kota tersebut.

Seorang penjual yang mengecek container tersebut menjadi orang pertama yang terinfeksi virus ini. Dia mengalami batuk parah hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Namun sebelum dilarikan ke rumah sakit, dia berkeliaran di kota dan telah menyebarkan virus kepada warga. Keesokan harinya, banyak warga kota yang turut mengalami batuk parah, petugas medis pun kewalahan.

Pemerintahpun menginstruksikan untuk mengisolasi warga yang sudah terinfeksi. Isolasi ini membuat kota kacau. Lalu bagaimana caranya hingga virus mematikan ini teratasi?

3. Chernobyl

Film soal wabah.Film soal wabah. Foto: Chernobyl (imdb)

Film Chernobyl yang disutradarai oleh Craig Mazin ini merupakan film berseri yang tayang di HBO.

Film ini menceritakan mengenai tragedi nuklir di Uni Soviet pada tahun 1986. Kala itu reaktor 4 dari Chernovyl Nuclear Power Station meledak. Radiasi yang menyebar di udara pun membuat ribuan orang terbunuh.

Di film ini, kita bisa melihat bagaimana kehidupan manusia yang terdampak dan solusi dari bencana tersebut. Cerita dari film ini lebih dari peristiwa sejarah yang ditutupi soal bencana nuklir yang menghidupkan 10 persen kebutuhan energi di Ukraine sekitar tahun 1980.

4. Train to Busan

Film Film soal wabah. Foto: IMDB

Train to Busan ialah film Korea yang cukup menegangkan. Film yang dirilis pada tahun 2016 ini disutradarai oleh Yeong Sang-ho.

Bercerita tentang suatu wabah yang membuat orang menjadi zombie, ceritanya bermula saat sebuah truk pembawa barang diizinkan melewati wilayah yang tercemar virus.

Truk yang terpapar viruspun tak tahu kalau dia menyerempet rusa di jalan. Rusa pun mati dan berubah menjadi rusa zombi dan akhirnya menyebar ke manusia.

Suatu hari, Seok-Woo (Yoo Gong), seorang manajer keuangan sebuah perusahaan, pergi ke Busan bersama anaknya, Su-an (Kim Soo-ahn). Seok-Woo ingin memberikan hadiah ulang tahun kepada Su-an dengan membawanya ke Busan, tempat ibunya berada. Seok-Woo dan istrinya telah berpisah, sehingga pertemuan itu menjadi cukup berarti untuk Su-an.

Dengan menggunakan kereta api cepat Korea (KTX), ada seorang wanita yang ternyata sudah tertular virus hingga ia berubah menjadi zombi. Para zombi kemudian menyerang para penumpang kereta sehingga mereka berubah menjadi sebuah zombi juga.

5. 28 Days Later

Film berjudul 28 Days Later karya sutradara Danny Boyle yang tayang pada tahun 2003 ini bisa ditonton kembali. Film ini bercerita tentang virus yang menyebar di Inggris. Setelah seekor simpanse yang terinfeksi kabur dari kandangnya, dengan cepat dia menulari manusia dan mengubahnya menjadi zombi.

Di rumah sakit, Jim tersadar dari koma setelah 28 hari sejak virus menyebar. Dia tidak menemukan satu orang pun di rumah sakit. Ketika dia keluar, semuanya kosong dan hanya terlihat tentang kerusakan kota.

Dalam kebingungan, Jim diserang oleh Zombi. Ia pun dapat selamat berkat bantuan dari Selena dan Mark. Kedua manusia yang selamat dari virus ini dan mereka pun akhirnya melakukan perjalanan menuju tempat perlindungan. Perjalanan mereka pun diwarnai dengan ketegangan para zombi yang menyerang.

Tertarik dengan film yang mana detikers?




Simak Video "'Train to Busan 2' Rilis Trailer Terbaru yang Menegangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com