detikHot

movie

Fakta Menarik Film Danur yang Harus Kamu Tahu

Kamis, 12 Mar 2020 12:04 WIB Mega Wulandari - detikHot
Danur Fakta menarik film Danur (Foto: Danur)
Jakarta -

Film Danur diproduksi Pichouse Films dan telah rilis pada 30 Maret 2017 dengan durasi 78 menit. Film arahan Awi Suryadi ini masuk dalam film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Selama enam bulan, capaiannya mematahkan rekor film yang sebelumnya disandang Tali Pocong Perawan (2008).

Kisah dalam film Danur diadopsi dari novel laris karya Risa Saraswati dengan judul Gerbang Dialog Danur. Mengisahkan pengalaman Risa Saraswati (Prilly Latuconsina), seorang gadis indigo, dengan teman-teman gaibnya.

Pada hari ulang tahun yang kedelapan, Risa berharap memiliki seorang teman karena sejak kecil dirinya sudah merasa kesepian. Ayahnya bekerja di luar negeri sedangkan ibunya, Elly (Kinaryosih), memiliki kesibukan sehingga jarang menemani Risa bermain.

Suatu ketika, Elly melihat Risa sedang bermain dengan sahabatnya yang ternyata hantu yaitu Janshen, Peter, dan William. Akhirnya Elly melakukan berbagai cara agar bisa memisahkan mereka, salah satunya memanggil Asep, seorang dukun yang juga indigo.

Sembilan tahun kemudian, Risa kembali ke rumah tersebut. Ia mengalami banyak gangguan dan kejadian aneh. Puncaknya, Risa harus menolong adiknya, Riri (Sandrinna Michelle), yang dibawa hantu jahat bernama Asih (Shareefa Daanish), ke dunia lain.

Kemudian, Risa teringat dengan kemampuannya untuk melihat Janshen, Peter, dan William. Dia memainkan sajak anak Sunda yang dulu sering dinyanyikan bersama. Mereka pun menuntun Risa ke alam gaib di mana Asih membawa Riri.

Elly datang bersama Asep untuk menolong Risa dan Riri. Lalu Asep mengetahui latar belakang Asih dari sisir yang ia sentuh. Asep menyuruh Elly menancapkan sisir yang melambangkan arwah Asih di pohon beringin dekat rumah. Kemudian Risa, Janshen, Peter dan William dapat menyelamatkan Riri karena keberhasilan Elly.

Risa dan keluarganya pun pindah rumah. Namun, Risa tidak akan melupakan para sahabat gaibnya lagi. Setelah pergi, seorang gadis mengambil sisir Asih yang sudah tertanam di pohon.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan fakta menarik Film Danur yang harus kamu tahu:

1. Bukan Cerita Hantu yang Palsu

Pada kehidupan nyata sang penulis cerita Danur, Risa Saraswati, memang bisa melihat hantu-hantu bahkan bersahabat dengan mereka.

Jumlah hantu tersebut ada lima yaitu Peter, Hans, Hendrick, William dan si bungsu Jahnsen yang keturunan Belanda.

2. Makna Danur

Danur merupakan cairan yang keluar setelah mayat membusuk. Judul ini dipilih karena menurut Risa, hantu yang ada identik dengan hal-hal yang berbau busuk.

3. Lagu Pemanggil

Abdi teh ayeuna, gaduh hiji boneka. Teu kinten saena, sareng lucuna. Ku abdi dierokan, erokna sae pisan. Cing mangga, tingali boneka abdi..

Lirik lagu berbahasa Sunda dengan judul Boneka Abdi tersebut menjadi lagu pemanggil teman-teman hantu Risa. Jika dinyanyikan maka dengan sendirinya mereka akan datang.

4. Ada Sekuel

Film Danur: I Can See Ghosts memiliki kelanjutan cerita yang juga difilmkan oleh Awi Suryadi yaitu Film Danur 2: Maddah yang rilis pada 2018 lalu dengan perolehan 2,5 juta penonton. Kemudian, Danur 3: Sunyaruri yang rilis pada 2019 lalu dengan perolehan 2,4 juta penonton.

5. Adanya Lima Bangku Kosong

Saat pemutaran perdana Film Danur: I Can See Ghosts terdapat lima bangku yang sengaja dikosongkan untuk teman-teman hantu Risa. Bangku-bangku tersebut dibalut kain putih dan diletakan benda-benda favorit Peter, Hans, Hendrick, William dan Jahnsen. Namun di film hanya ditampilkan tiga saja. Hal ini menambah aura mistis dari film tersebut.

6. Mendapat Rekor MURI

Berkat perolehan penonton selama penayangan yaitu 2,7 juta, Film Danur dianugerahi penghargaan film horor dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

7. Danur Go International

Berkat kepopulerannya, Film Danur tidak hanya tayang di Indonesia tetapi juga rilis di luar negeri yaitu di Malaysia dan Brunei Darussalam pada 4 Mei 2017 lalu.




Simak Video "Kebut Syuting Danur 3, Prilly Latuconsina Sampai Jatuh Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com