10 Film Horor di Indonesia Dengan Jumlah Penonton Terbanyak

Muhammad Rifqie Putra - detikHot
Kamis, 12 Mar 2020 12:02 WIB
Film Jailangkung rilis gambar awal
Foto: dokumen Screenplay Films/10 Film Horor di Indonesia Dengan Jumlah Penonton Terbanyak
Jakarta -

Jika membicarakan industri perfilman Indonesia, kita tidak bisa menyampingkan genre horor dalam perkembangannya. Beberapa tahun belakangan, perfilman Indonesia diramaikan dengan beberapa film horor baik dengan membawa cerita baru maupun cerita remake80-an seperti Pengabdi Setan dan Suzzana.

Pada 2019 lalu genre horor berhasil menyumbang 3 film dalam daftar 15 film terlaris di Indonesia. Dari sekian banyak film horor, ada yang berhasil dan ada yang gagal merajai bioskop.

Berikut 10 film horor terlaris di Indonesia menurut data dari Film Indonesia:

1. Pengabdi Setan (2017)

Film karya Joko Anwar ini merupakan film remake dengan judul yang sama pada tahun 80-an. Film ini dirilis pada tahun 2017, menceritakan tentang Rini (Tara Basro) bersama ayah dan tiga adiknya pindah ke rumah neneknya setelah rumah mereka dijual untuk pengobatan sang ibu. Ibunya sakit selama tiga setengah tahun tanpa tahu penyebabnya. Setelah ibu meninggal, rumah mereka dihampiri dengan berbagai terror termasuk hantu perempuan yang mirip dengan ibunya, hingga mereka mengetahui ternyata sang ibu terlibat dalam perjanjian dan bergabung dengan sebuah sekte pengabdi setan.

Film ini berhasil mendulang 4,2 juta penonton dan menjadi film horor terlaris Indonesia (https://www.detik.com/tag/film-horor-indonesia).

2. Suzzana: Bernapas Dalam Kubur (2018)

Film arahan Rocky Soraya dan Anggy Umbara ini merupakan film remake80-an yang pernah diperankan oleh sang ratu horor Indonesia, Suzzana. Film ini dibintangi oleh Luna Maya dan Herjunot Ali.

Film ini menceritakan tentang Satria dan Suzzana, yang telah menikah selama tujuh tahun namun belum dikaruniai seorang anak. Hingga suatu waktu, kehamilan tersebut datang di keluarga ini. Naas, Suzzana terbunuh setelah rumah mereka disatroni rampok yang ingin membalas dendam kepada suaminya. Anehnya meski telah terbunuh, Suzzana tetap terlihat hidup dan beraktivitas seperti biasanya. Film ini mendulang 3,3 juta penonton.

3. Danur: I Can See Ghosts (2017)

Diangkat dari sebuah novel laris karya Risa Saraswati, film ini menceritakan tentang pengalaman nyata Risa bersama teman-teman gaibnya. Pada saat itu, Risa berulang tahun ke-8 meminta seorang teman karena ibunya selalu sibuk yang membuatnya kesepian.

Elly sang ibu kemudian mendapati Risa sedang berbincang dengan sahabatnya yang ternyata seorang hantu. Sang ibu memutuskan menggunakan segala cara agar menjauhkan Risa dengan sahabat gaibnya dan memutuskan untuk pindah. 9 tahun kemudian, Risa kembali kerumah tersebut dan mengalami beberapa kejadian. Puncaknya, ia harus menolong sang adik Riri, yang dibawa oleh hantu jahat ke alam mereka. Film ini mendapatkan 2,7 juta penonton.

4. Danur II: Maddah

Sekual dari Danur Universe ini disutradai oleh Awi Suryadi, melanjutkan cerita film pertama yakni setahun setelah kejadian. Risa bersama adiknya sering berkunjung ke rumah bibi mereka. Beberapa kali mengunjungi rumah sang bibi, Risa menyadari bahwa Ahmad suami dari bibinya ternyata berperilaku tidak wajar. Kejadiannya ketika bibinya trauma setelah bertemu dengan arwah dan harus menjalani pengobatan. Risa diberitahu oleh seorang pemandi mayat yang juga indigo untuk melakukan maddah jika ingin dapat mencium bau danur dari arwah yang kuat.

Ternyata sang paman, Ahmad diincar oleh wanita bernama Elizabeth seorang arwah asal Belanda kelahiran 1903. Ia mengincar Ahmad karena ia ingin menggantikannya dengan pacarnya yang mirip dengan Ahmad. Film ini berhasil mendapatkan 2,5 juta penonton

5. Jailangkung (2017)

Film yang disutradarai oleh Jose Poernomo dan Rizal Mantovani ini meraih sebanyak 2,5 juta penonton selama penayangannya. Film ini dibintangi oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol. Menceritakan tentang tiga gadis yang ingin menguak misteri sang ayah yang mengalami koma secara misterius.

Dengan bantuan Rama (Jefri Nichol), mereka berhasil menemukan sang jailangkung yang membuka rahasia di masa lalu dan mengancam nyawa mereka.

6. Asih (2018)

Spin-offdari Danur Universe ini menceritakan tentang Asih (Shareffa Daanish), perempuan yang memutuskan mengakhiri hidupnya akibat tragedi bertubi-tubi dari diusir orang tuanya karena hamil di luar nikah hingga dicemooh oleh para tetangganya. Satu hari setelah Asih meninggal dunia, arwahnya menghantui Puspita (Citra Kirana). Kebetulan Puspita tinggal tidak jauh dari tempat Asih bunuh diri.


Teror kepada Puspita semakin menjadi-jadi setelah ia melahirkan bayinya. Film ini berhasil memperoleh 1,7 juta penonton dari penayangannya.

7. Sabrina (2018)

Film ini menceritakan Maira (Luna Maya) dan Aiden (Christian Sugiono) merupakan pasangan yang sedang berbahagia. Maira adalah seorang ibu rumah tangga dan Aiden merupakan seorang pemilik perusahaan mainan yang sukses dengan produk-produknya. Selanjutnya, cerita lebih banyak mengarahkan kepada kehidupan keluarga Aiden dan Maira. Apalagi Maira baru saja kehilangan putrinya yang tercinta. Aiden melakukan berbagai cara untuk menghapus kesedihan Maira. Salah satunya dengan membuatkan sebuah bokena bernama Sabrina. Kejadian mulai aneh saat Vanya keponakan Aiden melakukan pensil Charlie untuk memanggil arwah ibunya.


Film arahan Rocky Soraya ini mendapatkan 1,3 juta penonton.


8. Mata Batin (2017)

Berhasil mendapat 1,2 juta penonton, Mata Batin menceritakan tentang Alia (Jessica Mila) yang harus pindah dari Bangkok ke Jakarta setelah kedua orang tuanya meninggal. Di sana ia tinggal bersama Abel sang adik. Semenjak kepindahan mereka, Abel sering melihat makhluk halus dengan mata batinnya yang telah terbuka semenjak kecil. Hal ini tidak masuk akal bagi Alia sehingga ia meminta bantuan Windu (Citra Prima) untuk mengatasi hal tersebut.


9. Kuntilanak (2018)

Rizal Mantovani kembali membawa hantu legendaris Indonesia setelah sukses dengan trilogi Kuntilanak beberapa tahun lalu. Bercerita tentang sekelompok remaja yang nekat mengeksplor rumah terbengkalai demi menang dalam sebuah sayembara acara tv untuk membuktikan keberadaan Kuntilanak.

Kelompok ini kemudian dalam keadaan celaka setelah sang Kuntilanak masuk ke dunia mereka dan memburu mereka untuk dijadikan korban. Film ini berhasil menarik 1,2 juta penonton di bioskop.


10. The Doll 2 (2017)

Rocky Soraya kembali melanjutkan The Doll setelah sukses pada 2016. Bercerita tentang Maira dan Aldo yang diperankan oleh Luna Maya dan Herjunot Ali, mereka harus ditinggal pergi Kayla sang anak setelah mengalami kecelakaan tragis. Maira masih merasakan keberadaan Kayla dan mencoba berkomunikasi melalui Sabrina, boneka kesayangan sang anak.

Sejak saat itu, Maira mendapatkan gangguan dan kejadian yang ia yakini dilakukan oleh arwah sang anak. Namun sang suami tidak percaya dan meminta bantuan paranormal untuk mengatasi hal tersebut. Film ini mendapatkan 1,2 juta penonton

Itulah deretan film horor terlaris di Indonesia kamu sudah nonton yang mana saja?



Simak Video "Jangan Takut! Ini Cara Lawan Begal Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)