detikHot

movie

Film Critical Eleven: dari Sinopsis hingga Fakta Menarik

Rabu, 11 Mar 2020 19:48 WIB Mega Wulanda - detikHot
Critical Eleven Film Critical Eleven (Foto: instagram Ika Natassa)
Jakarta -

Critical Eleven adalah film bergenre drama percintaan yang telah rilis pada 10 Mei 2017 lalu. Film arahan Monty Tiwa dan Robert Donny ini berdurasi 135 menit. Memasangkan aktor berbakat Reza Rahadian (Ale) dan Adinia Wirasti (Anya). Film Critical Eleven diadaptasi dari novel best seller dengan judul sama karya Ika Natassa.

Film Critical Eleven menceritakan Ale dan Anya yang pertama kali bertemu di pesawat dalam perjalanan menuju Sydney. Mereka pun berkenalan. Rupanya Ale sudah jatuh cinta dengan Anya sejak saat itu. Kemudian, Ale dan Anya melakukan PDKT sampai akhirnya menikah.

Sesudah menikah, Ale mengajak Anya untuk pindah ke New York karena urusan pekerjaannya. Anya pun menyetujui dan menemani sang suami. Ia rela meninggalkan karir yang cemerlang di Jakarta dan para sahabatnya.

Kota New York menjadi saksi kisah cinta Ale dan Anya yang bahagia. Kebahagiaan pun bertambah kala Anya mengandung anak mereka. Sayangnya sebuah insiden tak terduga mengubah perjalanan cinta Ale dan Anya. Mereka dihadapkan pada ujian yang menguji cinta bahkan keutuhan rumah tangga mereka.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut deretan fakta menarik dari film Critical Eleven yang harus kamu tahu:

1. Arti dari Critical Eleven

Critical Eleven dipilih Ika Natassa untuk judul novelnya yang rilis pada 2015 lalu karena menggambarkan hubungan cinta manusia. Critical Eleven diambil dari sebuah istilah dalam dunia penerbangan yang berarti sebelas menit paling kritis di pesawat. Momen Critical Eleven adalah tiga menit setelah lepas landas dan delapan menit sebelum mendarat. Dalam rentang waktu tersebut rupanya sering terjadi kecelakaan pesawat.

2. Reuni Reza dan Adinia

Critical Eleven menjadi film ketiga bagi Reza dan Adinia yang melakoni sepasang kekasih. Sebelumnya, mereka pernah beradu akting sebagai sepasang kekasih pada film Jakarta Maghrib (2011) dan Kapan Kawin? (2015).

3. Ada Tokoh Baru

Novel yang difilmkan pasti memiliki perbedaan. Begitu pula dengan film Critical Eleven. Dalam film ini muncul tokoh baru yaitu Donny yang diperankan Hamish Daud.

4. Syuting di Tiga Lokasi

Para artis dan kru film Critical Eleven melakukan syuting di tiga lokasi yang berbeda yaitu New York, Lamongan, dan Jakarta.

5. Nominasi Penghargaan Internasional

Film Critical Eleven berhasil masuk nominasi penghargaan Profima International Film Fest & Awards (PIFFA) 2017 dengan kategori PIFFA 2017 Best Actor Award untuk Reza Rahadian dan PIFFA 2017 Best Actress Award untuk Adinia Wirasti.

6. Meraih Banyak Penghargaan

Salah satu pemeran film Critical Eleven, Adinia Wirasti memenangkan penghargaan Festival Film Bandung 2017 kategori Pemeran Utama Wanita Film Bioskop Terpuji. Adinia juga memenangkan penghargaan Asian Academy Creative Awards 2018 kategori Best Actress National Winner. Selain itu, Best Actor National Winner untuk Reza Rahadian, dan Best Direction Fiction National Winners untuk Monty Tiwa dan Robert Donny.

7. Soundtrack yang Bagus

Soundtrack utama film Critical Eleven dipopulerkan dan diproduseri oleh Isyana Sarasvati dengan judul Sekali Lagi, yang menjadi karya pertamanya di dunia film.

8. Menampilkan Aktor-Aktris Berpengalaman

Selain Reza dan Adinia, Film ini juga menampilkan bintang papan atas yaitu Hamish Daud, Astrid Tiar, Hannah Al Rashid, Slamet Rahardjo, Widyawati Sophiaan, Refal Hady, Revalina S. Temat dan masih banyak lagi.




Simak Video "Syuting Miniseri saat Pandemi, Reza Rahadian Pangkas Jumlah Kru"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com