Fakta Film Keluarga Cemara: Sabet Banyak Penghargaan, Menarik Ditonton Kapan pun

Mega Wulandari - detikHot
Selasa, 10 Mar 2020 16:41 WIB
keluarga cemara
Film Keluarga Cemara. Foto: imdb
Jakarta -

Keluarga Cemara merupakan film drama keluarga yang diproduksi Visinema Pictures. Pada era 1990-an sinetron berjudul, 'Keluarga Cemara' sangat populer.

Keluarga Cemara yang digarap Yandy Laurens rilis di seluruh bioskop Indonesia pada 3 Januari 2019 lalu, sekaligus menjadi film pembuka di awal tahun. Setelah tak lagi tayang di bioskop, film Keluarga Cemara bisa kamu tonton di aplikasi streaming video, Iflix.

Menceritakan keluarga kecil yang sebelumnya hidup dalam balutan modern dan kaya yang harus bertahan hidup setelah Abah, tulang punggung keluarga, mengalami kebangkrutan karena ditipu kakak iparnya. Bukan hanya menguatkan diri sendiri, Abah juga harus menguatkan Emak serta kedua anaknya, Euis dan Ara. Abah harus memimpin istri dan anaknya tersebut dalam menghadapi berbagai macam rintangan hidup di kehidupan yang baru.

Film Keluarga Cemara.Film Keluarga Cemara. Foto: Vey/detikHOT

Fakta menarik dari Film Keluarga Cemara yang harus kamu tahu:

1. Debut Sang Sutradara

Yandy Laurens memulai debut menggarap film panjang pada Film Keluarga Cemara. Sebelumnya, Yandy Laurens telah membuat web series Sore - Istri dari Masa Depan (2017), Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode (2018), dan Janji (2019) yang tayang di Youtube. Selain itu, sutradara ini pernah meraih Piala Citra 2013 untuk film pendek Wan An.

2. Cerita Ditulis Ulang dan Disesuaikan dengan Konteks Zaman

Cerita versi film yang ditulis Yandy Laurens bersama Gina S. Noer memiliki perbedaan dengan versi sinetron yang ditulis Arswendo Atmowiloto. Misalnya latar tempat, latar waktu menjadi lebih modern, karakter Euis lebih modern, tidak kembali ke Jakarta. Meski begitu, tidak mengurangi esensi dari cerita yang sudah ada tetapi justru melengkapi.

3. Diperankan Aktor-Aktris Berpengalaman

Terdapat aktor berpengalaman dalam film ini yaitu Ringgo Agus Rahman (Abah), Nirina Zubir (Emak), Ariyo Wahab (Fajar), Asri Welas (Ceu Salma) dan masih banyak lagi. Selain aktor-aktris berpengalaman yang menghiasi film tersebut, terdapat aktor muda yang kualitas aktingnya tidak kalah dengan seniornya yaitu Adhisty Zara (Euis) dan Widuri Sasono (Cemara).

Film Keluarga Cemara.Film Keluarga Cemara. Foto: Film 'Keluarga Cemara' (Pingkan Anggraini/detikHOT)

4. Film Terlaris 2019

Keluarga Cemara menduduki peringkat kelima sebagai film terlaris di 2019 dengan perolehan sekitar 1,7 juta penonton.

5. Mendapat Banyak Penghargaan

Film Keluarga Cemara mendapat banyak penghargaan perfilman yaitu Festival Film Indonesia 2019 dengan kategori Skenario Adaptasi Terbaik dan Lagu Tema Terbaik "Harta Berharga". Selain itu, di Piala Maya 2019 memenangkan Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih, Penyutradaraan Berbakat Film Panjang Karya Perdana, Skenario Adaptasi Terpilih, Tata Musik Terpilih, Lagu Tema Terpilih dan Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih.

6. Soundtrack yang Bagus

Film Keluarga Cemara dihiasi soundtrack-soundtrack bagus yang menambah kekuatan film ini. Soundtrack utama berjudul Harta Berharga yang dipopulerkan Bunga Citra Lestari (BCL) telah ditonton 18 juta kali di YouTube. Selain itu ada Tentang Rumahku dari Dialog Dini Hari, Karena Kita Bersama dari BCL, dan Rindu (Musikalisasi Puisi Subagio Sastrowardoyo) dari Banda Neira.



Simak Video "Mengenang Deretan Karya Sastrawan Arswendo Atmowiloto"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)