5 Manfaat Nonton Film, Bisa Buat Terapi Mental

Abu Ubaidillah - detikHot
Jumat, 06 Mar 2020 12:01 WIB
nonton film
Foto: shutterstock
Jakarta -

Setiap bulan, ada berbagai film baru yang rilis, mulai film dalam negeri maupun luar negeri. Menonton film memang dijadikan sarana untuk menghibur diri. Apalagi jika menonton film bersama teman-teman, keluarga, atau orang terkasih. Selain sebagai hiburan, menonton film ternyata dapat memberi terapi untuk kesehatan tubuh, khususnya kesehatan mental atau yang lebih dikenal dengan cinema therapy.

Dilansir dari PsychCentral, berikut adalah 5 manfaat menonton film untuk kesehatan mental menurut Gary Solomon Ph.D, MPH, MSW.

1. Mendorong Pelepasan Emosional

Menonton film dapat mendorong seseorang untuk mengekspresikan emosi mereka seperti tertawa dan menangis, bahkan bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam hal ini.

Melepas emosi memberi efek katarsis yang membuat seseorang menjadi lebih mudah dan nyaman untuk mengekspresikan diri mereka di kehidupan nyata.

2. Film Sedih Membuat Seseorang Lebih Bahagia

Meski terdengar kontra-intuisi, Gary menyebut bahwa seseorang yang telah menonton film yang sangat menyedihkan, pada akhirnya akan merasa bersyukur atas hidup yang dimiliki.

Tragedi dan masalah yang terdapat dalam film dapat menjadi perbandingan untuk masalah kehidupan yang nyata sehingga seseorang akan lebih menghargai segala hal dalam kehidupan pribadinya.

3. Membantu Memahami Kehidupan Sendiri

Pengetahuan dan kebijaksanaan telah diwariskan melalui seni bercerita. Cerita akan menawarkan berbagai perspektif berbeda dan membantu seseorang untuk memahami dunia. Dan film adalah cerita.

4. Memberi Waktu Istirahat dari Masalah

Ketika menonton film, seseorang akan fokus pada satu kegiatan. Seseorang akan menjelajahi ke waktu dan tempat yang berbeda dalam waktu singkat. Hal ini memberi kesempatan otak kita untuk beristirahat dari hal-hal yang mengganggu seperti masalah kehidupan yang berat.

5. Menciptakan Rasa Lega

Khusus apabila menonton film yang menegangkan seperti horor atau drama, hormon stres (kortisol) akan terlepas dari otak. Setelah itu diikuti oleh dopamin yang menghasilkan perasaan senang.

Semua orang bisa pergi ke bioskop untuk menonton film namun hal yang menyebalkan adalah ketika harus antre lama saat memesan tiket di bioskop.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat orang-orang tidak perlu lagi mengalami kesulitan tersebut. Saat ini pemesanan tiket bioskop bisa dilakukan secara online, seperti melalui aplikasi Grab.

Untuk memesan tiket bioskop online via Grab, caranya tinggal masuk ke aplikasi Grab kemudian pilih menu Tickets. Setelah itu, pilih area bioskop berdasarkan kota, kemudian pilih film yang ingin ditonton. Mudah bukan?



Simak Video "Seberapa Penting Nonton Film G30S/PKI Kata Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)