detikHot

movie

10 Fakta Harry Potter, Karya J.K. Rowling

Senin, 02 Mar 2020 18:46 WIB Muhammad Rifqie Putra - detikHot
Berbagai cara dilakukan sejumlah fans untuk merayakan 20 tahun peringatan Harry Potter. Harry Potter. Foto: REUTERS/Neil Hall.
Jakarta -

Fans berat atau bukan, kita tidak bisa mengelak bahwa Harry Potter adalah sebuah fenomena yang pernah terjadi di dunia. Serial yang pertama kali dikeluarkan pada tahun 1997 ini merupakan buku terlaris di dunia dengan total terjual sebanyak 500 juta kopi.

Serial yang ditulis J.K. Rowling ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yatim piatu yang memiliki kemampuan sihir di tengah kehidupan masyarakat biasa.

10 fakta Harry Potter dan dunia sihir dari Inggris:

1. Arti Nama Karakter Utama

Tokoh utama dalam serial ini adalah Harry, Ron, dan Hermione. Harry berasal dari versi berbeda Henry, nama yang popular untuk raja Inggris (Harry adalah seorang pemimpin). Ronald berasal dari Old Norse Rögnvaldr, gelar untuk penasihat (teman terbaik Harry), sedangkan Hermione berasal dari karya Shakespeare "The Tale's Tale" yang berarti pintar karena orang tuanya adalah seorang yang terpelajar.

2. Seri Terakhir Ditulis di Hotel

J.K. Rowling ternyata melakukan penulisan Harry Potter and The Deathly Hallows di Hotel Balmoral, Edinburgh, Scotlandia. Kamar yang sebelumnya bernama "Tweed Suite" ini akhirnya diganti menjadi "J.K. Rowling Suite". Nuansa yang ditawarkan pun sangat berbau Harry Potter.

Misalnya ada 7 buku serial Harry Potter di sebuah meja. Ada juga tulisan dan tanda tangan J.K. Rowling di bagian belakang patung torso Dewa Hermes.

3. J.K. Rowling Lahir Pada Tanggal Yang Sama Dengan Harry Potter

Penulis Harry Potter J.K. Rowling lahir pada 31 Juli 1965 di Yate, Inggris. Sedangkan Harry Potter oleh J.K. Rowling ditulis lahir pada 31 Juli 1980 di Godric Hollow, Inggris.

Harry Potter.Harry Potter. Foto: iStock

4. Daniel Radcliffe bukan pilihan pertama

Jauh sebelum Daniel Radcliffe dipilih sebagai Harry Potter, peran ini sebelumnya ditawarkan kepada aktor terkenal Inggris Liam Aiken dan Haley Joel Osment.

5. Dementor Merupakan Pengalaman Depresi J.K. Rowling

Dementor sang penjaga penjara Azkaban dibuat berdasarkan pengalaman sang penulis J.K. Rowling saat mengalami depresi. Dementor sendiri menurut definisinya adalah perasaan dingin yang benar-benar kosong.

6. Perbedaan Bekas Luka Harry Potter di Film dan Buku

Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat bahwa bekas luka di kepala Harry di sampul buku dan di film berbeda. Di buku-buku, bekas luka ada di tengah dahinya. Di film-film, berada pada atas alis kanan.

7. Menulis Essay Terkait Peran

Alfonso Cuarónmengungkap bahwa ia menyuruh para pemeran utama untuk menulis essay terkait karakter mereka. Daniel Radcliffe pemeran Harry Potter menulis 1 halaman, Emma Watson pemeran Hermione Granger menulis sebanyak 10 halaman, dan Rupert Grint tidak menulis satu pun. Hal yang sesuai dengan cerminan karakter.

Harry Potter.Harry Potter. Foto: Pottermore

8. Hubungan Hermione dan Ron adalah Kesalahan

J.K. Rowling sang penulis menyatakan bahwa memasangkan Hermione dan Ron merupakan sebuah kesalahan. Sang penulis mengatakan hal tersebut dilakukan untuk memenuhi keinginan para penggemar. Rowling lebih suka jika Hermione berpasangan dengan Harry.

9. Arthur Weasly Seharusnya Mati

J.K. Rowling sempat berpikir untuk mengakhiri cerita Arthur Weasley pada seri Order of the Phoenix. Namun ia membatalkannya karena Arthur merupakan ayah yang baik dalam seri Harry Potter. Rowling akhirnya mengganti Arthur dengan Remus Lupin sebagai karakter yang terbunuh.

10. Luka Professor Albus Dumbledore

Albus Dumbledore, kepala sekolah Hogwarts memiliki luka di atas lutut kirinya. Dumbledore mengungkapkan kepada Professor McGonagall bahwa luka itu berbentuk peta dari jalur kereta London Underground.




Simak Video "Daniel Radcliffe Respons Cuitan J.K. Rowling soal Transgender"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com