Round-Up

Kemenangan 'Parasite' dan 5 Momen Berkesan di Oscar 2020

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 10 Feb 2020 19:00 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Bong Joon-ho accepts the Writing - Original Screenplay - award for Parasite onstage during the 92nd Annual Academy Awards at Dolby Theatre on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images)
Foto: Kevin Winter/Getty Images
Jakarta -

Oscar 2020 telah selesai diselenggarakan. Banyak momen kejutan terjadi di ajang bergengsi tahun ini.

Dari kemenangan 'Parasite' sebagai Best Picture, sampai beberapa kejadian menarik. Berikut daftarnya.

1. Kemenangan Parasite

Yang tak terduga kembali terjadi di Oscar 2020. 'Parasite' diganjar penghargaan Best Picture.

Kisah tentang sebuah keluarga miskin yang 'menumpang' hidup pada keluarga kaya rupanya memiliki daya tarik tersendiri untuk 'Parasite'. Memenangkan kategori Best Picture merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi 'Parasite' menjadi film Korea Selatan pertama yang membawa pulang penghargaan tersebut.

'Parasite' berhasil mengalahkan 8 film lainnya, seperti 'Ford V Ferrari', 'Joker', 'The Irishman', 'Jojo Rabbit', 'Joker', 'Litlle Women', '1917', dan 'Once Upon a Time... in Hollywood'. Naik ke atas panggung Oscar, para produser, sutradara, dan aktor sama sekali tak mempercayai penghargaan yang mereka dapat.


2. Kemunculan Eminem

Penampilan Eminem menjadi salah satu kejutan di ajang Oscar 2020. Ternyata, kemunculan rapper ini ada kaitan dengan ketidakhadirannya saat menang Oscar 17 tahun lalu.

Eminem mendadak tampil di panggung Oscar 2020 dan membawakan 'Lose Yourself'. Soundtrack film '8 Mile' tahun 2002 itu meraih piala Oscar pada tahun 2003 silam. Namun, saat itu Eminem tidak hadir untuk menerima langsung piala itu.


3. Pidato Joaquin Phoenix

Kemenangan kali ini merupakan yang pertama bagi Phoenix, setelah dinominasikan tiga kali sebelumnya untuk 'The Master' (2013), 'Walk the Line' (2006), dan 'Gladiator' (2001).

Pidato Phoenix menuai pujian netizen karena penuh rendah hati dan membicarakan soal kemanusiaan, ketidakadilan, masalah ras, hingga perubahan iklim yang terjadi di bumi.

"Saya berterima kasih karena bisa menggunakan suara untuk yang tidak bersuara. Saya tidak sedang mendiskusikan ketidaksetaraan gender, rasisme, hak adat, hak hewan tapi sedang bicara tentang perang melawan ketidakadilan," ungkapnya dilansir dari berbagai sumber.


4. Senyum Bong Joon Ho

'Parasite' memberi kejutan di awal ajang Oscar 2020 dengan memenangkan 'Best Original Screenplay'. Ekspresi sang sutradara, Bong Joon-Ho, pun ramai dibahas di media sosial.

Usai menerima piala, Bong Joon-Ho bergantian menyampaikan speech dengan rekan penulis skenario 'Parasite', Han Ji Won. Di belakang Han Ji Won, Bong Joon-Ho tampak memandangi piala Oscar di tangannya.

Tak lama, senyum terkembang di wajah Bong Joon-Ho. Dia seakan tak percaya telah memegang piala Oscar itu.


5. Captain Marvel dan Wonder Woman sepanggung

Agaknya Oscar tak terasa lengkap tanpa kontroversi yang mengiringinya. Tahun ini, Oscar dianggap tak ramah wanita. Tapi sebetulnya, ini bukan kali pertama.

Ajang ini sempat disinggung hal serupa di beberapa gelaran lain. Isu ini bak jadi 'pekerjaan rumah' untuk Oscar tiap tahunnya selain isu 'Oscar so white'.

Tahun ini, tak terpilihnya Greta Gerwig di nominasi Best Director menjadi perhatian. Terakhir kali, Oscar menyelipkan sutradara perempuan di nominasi tersebut di tahun 2018.

Selain itu, bicara pentingnya sosok perempuan juga disampaikan di rangkaian pengumuman pemenang di nominasi Best Original Score. Tiga sosok wanita yang terdiri dari Brie Larson, Sigourney Weaver dan Gal Gadot itu menyampaikan candaan soal pria dan wanita.

"Kami memutuskan bergabung bersama menjadi Fight Club," kata Sigourney Weaver.

Brie Larson menambahkan, perkumpulan itu menjadi klub eksklusif perempuan yang dapat dihadiri kaum adam namun dengan satu syarat.

"Kalian tak boleh memakai baju. Siapa yang menang akan mendapatkan hadiah deodoran hingga tequila," kata aktor pemenang Oscar ini.

"Dan yang kalah, akan menjawab pertanyaan wartawan tentang bagaimana rasanya menjadi perempuan," kata Gal Gadot yang ucapannya disambut gelak tawa.


6. Billie Eilish bawakan Yesterday

Billie Eilish tampil bernyanyi di Academy Awards 2020. Ia tampil dalam sesi In Memoriam.

Meski pun bukan nominasi di ajang penghargaan bagi insan film itu, akan tetapi penampilannya menjadi salah satu yang paling ditunggu.

Dengan syahdu, penyanyi muda itu membawakan lagu 'Yesterday' milik The Beatles.

Dia tampak tampil dengan mengenakan pakaian berwarna hitam dan tetap bertahan dengan rambut hijaunya.



Simak Video "'Parasite' Diprediksi Oscar Menang Best Picture"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/mau)