detikHot

movie

Oscar 2020: Sejarah Penamaan, Pemenang, dan Seputar Penghargaan

Senin, 10 Feb 2020 17:53 WIB Rosmha Widiyani - detikHot
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Bong Joon-ho accepts the Writing - Original Screenplay - award for Parasite onstage during the 92nd Annual Academy Awards at Dolby Theatre on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images) Foto: Kevin Winter/Getty Images/Piala Oscar 2020 sedang dipegang Bong Joon Ho pemenang Best Picture untuk fim Parasite.
Jakarta -

Oscar 2020 telah usai dilaksanakan pada Senin (10/2/2020) bertempat di Dolby Theatre, Los Angeles, California. Beberapa pemenang Oscar 2020 adalah Joaquin Phoenix dalam Joker sebagai Best Actor dan Renée Zellweger dalam Judy sebagai Best Actress. Sementara Best Picture dimenangkan Parasite yang diproduseri Bong Joon Ho

Sebagai ajang elit insan perfilman dunia, Oscar 2020 bukan penghargaan seumur jagung. Berikut sejarah, pemenang pertama, hingga penamaan piala untuk ajang Academy Award tersebut dikutip dari berbagai sumber,

1. Sejarah Academy Award atau Oscar

Oscar, yang kini dikenal masyarakat, sebetulnya nama penghargaan yang diberikan pada insan perfilman terbaik dunia. Nama ajangnya sendiri adalah Academy Award yang digelar tiap tahun. Academy Award atau Oscar pertama dilakukan pada 16 Mei 1929 di Hollywood Roosevelt Hotel dalam sebuah makan malam rahasia dengan 270 tamu.

Pemenang Academy Award atau Oscar 1929 telah dipublikasikan tiga bulan sebelumnya. Pada 1930 hingga 10 tahun setelahnya, nama pemenang diberikan pada media dan dipublikasikan pada pukul 23.00 saat pemberian penghargaan. Metode ini kembali berubah pada 1941, saat koran Los Angeles Times lebih dulu mengumumkan pemenang. Sejak saat itu, pengumuman pemenang Academy Award atau Oscar menggunakan amplop tertutup.

2. Pemenang pertama Academy Award atau Oscar

Pemenang Academy Award atau Oscar 1929 adalah Emil Jannings untuk kategori best actor, dalam film Last Command dan The Way of All Flesh. Dia harus kembali ke Eropa sehingga panitia setuju memberikan penghargaan sebelum acara berlangsung. Pada 1940, pemenang adalah Janet Gaynor untuk kategori yang sama dalam tiga film.

Pada periode tersebut, panitia Academy Award atau Oscar menilai lebih dari satu film yang dibintangi aktor asal tayang selama satu tahun penilaian. Penilaian ini berubah pada Academy Award atau Oscar 1932 atau keempat, yang menilai aktor berdasarkan peran spesifik dalam satu film. Pada Academy Award atau Oscar 1934 atau yang keenam, kurun waktu penilaian menjadi dua tahun.

3. Penamaan Oscar

Patung Oscar yang diberikan di ajang Academy Award sebetulnya bernama Academy Award of Merit. Penghargaan ini terbuat dari emas dengan dasar perunggu dan alas logam hitam. Oscar dengan tinggi 34,3 sentimeter dan berat 3,856 kilogram menggambarkan satria atau petarung dalam gaya Art Deco Style.

Academy Award secara resmi mengadopsi Oscar untuk pialanya pada 1939, namun asal nama hingga kini masih menimbulkan perselisihan. Bette Davis, yang merupakan presiden Academy Award tahun 1941, dalam biografinya mengklaim Oscar adalah nama suami pertamanya yang merupakan leader band Harmon Oscar Nelson.

Sekretaris eksekutif Academy Award, Margaret Herrick, kerap disebutkan sebagai yang pertama memberi nama penghargaan tersebut Oscar. Piala Academy Award tersebut mengingatkan Herrick pada sepupunya Oscar Pierce punya nama panggilan Paman Oscar. Pada 1934, Walt Disney tercatat sebagai yang pertama berterima kasih pada Academy Award atas penghargaan Oscar yang diterimanya.

4. Tampilan Oscar 2020 dan sebelumnya

Tampilan piala Oscar 2020 sebetulnya nyaris sama dengan beberapa tahun sebelumnya. Piala berwujud satria memegang pedang yang berdiri di atas gulungan film. Piala didesain Cedric Gibbons dan pemahat George Stanley mewujudkan desain tersebut, dengan model seorang aktor Meksiko Emilio "El Indio" Fernández.

Piala terbuat dari emas 24 karat dengan dasar perunggu. Awalnya, Oscar diberikan tanpa nama pemenang untuk mencegah bocornya informasi. Hingga 2010, pemenang mengembalikan Oscar dan menunggu selama beberapa minggu selama namanya diukir. Saat ini, pemenang bisa menunggu namanya diukir di piala Oscar selama pesta setelah ajang Academy Award berlangsung.




Simak Video "Joaquin Phoenix Difavoritkan Sebagai Best Actor di Oscar 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Photo Gallery

screenshoot-movie

.
.

screenshoot-movie

.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com