detikHot

movie

Hildur Gudnadóttir, Komposer Perempuan Pertama Menang Best Original Score

Senin, 10 Feb 2020 13:54 WIB Tia Agnes - detikHot
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Hildur Guðnadóttir accepts the Music - Original Score - award for Joker onstage during the 92nd Annual Academy Awards at Dolby Theatre on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images) Foto: Kevin Winter/Getty Images
Jakarta -

Film 'Parasite' berhasil mencetak sejarah Oscar dengan memenangkan kategori Best Picture. Sejarah Oscar tak hanya mencatat film yang disutradarai oleh Bong Joon Ho saja tapi juga kategori Original Score yang diraih oleh Hildur Gudnadóttir.

Komposer sekaligus musisi asal Islandia itu memukau lewat kreasi alunan musik yang gelap dalam 'Joker'. Profilnya bukan sembarang komposer.

Ia mendapatkan pengakuan internasional lewat scoring film dan serial televisi. Di antaranya adalah film thriller 'Sicario: Day of the Saldado' (2018), miniseri drama HBO 'Chernobyl' (2019) yang mendapatkan Primetime Emmy Award dan Grammy Award.

Sepanjang 12 bulan belakangan, ia meraih tiga dari empat penghargaan utama di dunia hiburan. Awal 2020, Hildur Gudnadóttir juga berhasil meraih Golden Globe untuk Best Original Score dari film 'Joker'.



Prestasi di Oscar 2020 juga menjadikannya sebagai penyanyi solo wanita pertama yang berhasil meraih penghargaan itu.

Tahun ini, Joker dinominasikan untuk 11 penghargaan Oscar, terbanyak dibanding film lainnya. Dari belakang panggung, ia menjelaskan perasaannya setelah menerima Pialo Oscar.

"Ini adalah momen liar. Ketika saya naik ke panggung dan melihat semua orang berdiri, itu membuat saya limbung. Mengintimdasi saya juga, apa yang benar-benar istimewa dari seluruh proses, saya telah banyak bertemu dengan banyak nominator dalam perjalanan ini," ungkapnya dilansir dari berbagai sumber, Senin (10/2/2020).



"Ini adalah hal yang luar biasa. Mereka adalah ahli seni itu dan ajaib untuk mengenal mereka para nominator," lanjutnya.

Di atas panggung, ia mengatakan kepada para perempuan, ibu, anak perempuan, untuk bersuara lewat musik. Kita perlu mendengar suara Anda," tukas perempuan berusia 37 tahun.

'Joker' Raih Original Score, 'Rocketman' Amankan Original Song:

[Gambas:Video 20detik]


(tia/doc)

Photo Gallery

screenshoot-movie

.
.

screenshoot-movie

.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com