Pidato Kemanusiaan Joaquin Phoenix di Panggung Oscar Tuai Pujian

Tia Agnes - detikHot
Senin, 10 Feb 2020 12:57 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Joaquin Phoenix accepts the Actor In A Leading Role award for Joker onstage during the 92nd Annual Academy Awards at Dolby Theatre on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images)
Foto: Kevin Winter/Getty Images
Jakarta -

Joaquin Phoenix menerima piala Oscar pertamanya tahun ini. Ia meraih predikat aktor terbaik di panggung Oscar 2020 karena perannya sebagai Arthur Fleck dalam film 'Joker'.

Kemenangan kali ini merupakan yang pertama bagi Phoenix, setelah dinominasikan tiga kali sebelumnya untuk 'The Master' (2013), 'Walk the Line' (2006), dan 'Gladiator' (2001).

Pidato Phoenix menuai pujian netizen karena penuh rendah hati dan membicarakan soal kemanusiaan, ketidakadilan, masalah ras, hingga perubahan iklim yang terjadi di bumi.

"Saya berterima kasih karena bisa menggunakan suara untuk yang tidak bersuara. Saya tidak sedang mendiskusikan ketidaksetaraan gender, rasisme, hak adat, hak hewan tapi sedang bicara tentang perang melawan ketidakadilan," ungkapnya dilansir dari berbagai sumber.



Phoenix kembali membicarakan soal hak-hak bagi binatang dan persoalan yang ada di alam. "Kita menjarah sumber dayanya," ungkapnya.

"Manusia sangat inventif dan kreatif, ketika kita menggunakan cinta dan kasih sayang sebagai prinsip panduan kita, kita dapat menciptakan sistem perubahan bagi lingkungan," lanjut kekasih Rooney Mara tersebut.

Phoenix mengakhiri pidatonya dengan kalimat emosional dari lirik yang ditulis saudaranya, mendiang River Phoenix, ketika ia berusia 17 tahun.



"Dia mengatakan 'lari kepada cinta maka kedamaian akan mengikuti," ujarnya.

Dalam kategori Best Actor, ia mengalahkan Antonio Banderas, Leonardo DiCaprio, Adam Driver, dan Jonathan Pryce.

Selamat! Aktor Terbaik Diraih oleh Joaquin Phoenix:

[Gambas:Video 20detik]

(tia/doc)