detikHot

movie

Usaha-usaha Joaquin Phoenix Perankan Arthur Fleck di 'Joker'

Senin, 10 Feb 2020 08:12 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
joker Foto: imdb
Jakarta -

'Joker' arahan Todd Phillips yang diperankan oleh Joaquin Phoenix menerima 11 nominasi di Academy Awards ke-92 tahun ini. Termasuk Best Actor, Best Picture, dan Best Director.

Ada banyak usaha keras yang dilakukan oleh aktor Joaquin Phoenix dalam memerankan karakter Arthur Fleck yang kemudian jadi Joker dalam film ini. Sederet usaha yang membuat penampilannya semakin mengundang decak kagum.

Berikut detikHOT rangkum apa saja hal yang dipersiapkan oleh Joaquin Phoenix dalam memerankan 'Joker':

Usaha-usaha Joaquin Phoenix Perankan Arthur Flecks di 'Joker'

1. Tawa yang khas

Saat menyaksikan 'Joker', salah satu yang mencuri perhatian adalah tawa Arthur yang terkadang tak bisa dikontrolnya. Untuk tawa ini, Joaquin Phoenix melakukan banyak riset hingga akhirnya menemukan tawa yang pas saat menyaksikan video orang yang menderita PLC (pathological laughter and crying).

Joaquin Phoenix juga sengaja meminta sesi khusus kepada sutradara Todd Phillips untuk melihat setiap tawa yang ditemukannya. Sampai akhirnya mereka berdua menemukan tawa Joker yang kita lihat dalam film.

2. Diet ekstrem

Untuk peran Arthur Fleck, Joaquin Phoenix juga berusaha keras untuk menurunkan berat badannya. Dia pun melakukan diet khusus dalam pengawasan dokter agar tetap dalam jalur yang sehat.

Joaquin Phoenix berhasil menurunkan 23,6 kilogram berat badannya sebelum syuting 'Joker'. Tak heran tubuh kurus hingga tulang punggung Joaquin tampak menonjol dalam film. Beruntung setelah syuting selesai berat badannya langsung naik 11 kilogram.

Usaha-usaha Joaquin Phoenix Perankan Arthur Flecks di 'Joker'Foto: Joker / Warner Bros

3. Improvisasi

Sebagai aktor selalu ada ruang untuk berimprovisasi di lokasi syuting. Joaquin Phoenix pun melakukan hal yang sama dengan berimprovisasi di adegan menari di kamar mandi.

Dalam film ini, Arthur memang kerap menikmati waktu sendirinya dengan menari. Salah satu yang ikonik adalah ketika dia menari di atas tangga yang kini disebut Joker Stairs.

4. Riset di film bisu

Arthur memainkan peran badut di 'Joker'. Riset lain yang dilakukannya demi mempersiapkan penampilan sempurna terutama gesture dan bahasa tubuh Arthur adalah dengan menyaksikan film bisu.

Joaquin Phoenix banyak meniru aktor film bisu. Di antaranya Buster Keaton dan Ray Bolger.

Usaha-usaha Joaquin Phoenix Perankan Arthur Flecks di 'Joker'Foto: detik

5. Tidak berdiam diri di tempat suram

Aktor pemeran Joker di masa lalu kerap kali menghabiskan waktu di tempat-tempat gelap dan suram dalam rangka mendalami karakter mereka. Tapi berbeda dengan Joaquin Phoenix.

Dalam sebuah wawancara dia mengaku bahwa dirinya tak punya pengalaman seperti itu. Joaquin Phoenix tidak melakukan pendalaman karakter dengan mendekam di tempat-tempat suram dan gelap demi Joker.

Simak video Joker Mendominasi, Ini Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2020:

[Gambas:Video 20detik]


(ron/nu2)

Photo Gallery
screenshoot-movie
.
.
screenshoot-movie
.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com