Kisah Kirk Douglas Masuk Nominasi Oscar Lewat Peran Antagonis

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 06 Feb 2020 11:28 WIB
386220 02: Actress Catherine Zeta-Jones and father-in-law Kirk Douglas, recipient of the
Kirk Douglas dan Catherine Zeta-Jones. Foto: Getty Images
Jakarta -

Ada alasan di balik gelar 'aktor legendaris Hollywood' yang menempel pada mendiang Kirk Douglas. Ia menjadi salah satu aktor dengan bakat akting yang cemerlang hingga tiga kali masuk nominasi Oscar.

Piala itu ia peroleh lewat perannya sebagai petinju di drama berjudul 'Champion' (1949).

Douglas berperan sebagai Midge Kelly, seorang petinju yang mendorong dirinya ke puncak permainannya dengan menjatuhkan lawan dan menikam teman-temannya.

Dia tidak memiliki keraguan untuk menipu berbagai wanita yang dia temui dan pertemuannya dengan seorang pria bernama Tommy Haley (Paul Stewart) membantu membuka jalan baginya menuju ketenaran.


"Itu adalah jenis peran yang ia gambarkan dengan baik dan paling sering ia perankan dalam film-film berikutnya - sombong, egois, intens, kuat dan egosentris," tulis Ephraim Katz, penulis buku 'The Film Encyclopedia', seperti dilansir Los Angeles Times, Kamis (6/2/2020).

Setelahnya, namanya tercatat di 20 kredit film lebih di tahun 1950-an. Film-film tersebut di antaranya 'Young Man With a Horn', 'The Glass Menagerie', 'Ace in the Hole', 'Detective Story', 'The Juggler', '20,000 Leagues Under the Sea' dan 'Gunfight at the O.K. Corral'.

Peran lain yang membuat penampilannya ikonik sebagai aktor yakni 'Spartacus', film yang juga ia produseri selain ia menjadi bintang utamanya.


Kirk Douglas meninggal dunia di usia 103 tahun. Sebelum meninggal, sang aktor mengidap stroke yang membuatnya lumpuh dan tak bisa berjalan.

Berpulangnya Kirk Douglas dikabarkan sang anak yang juga aktor, Michael Douglas. Hollywood pun berduka atas kepergiannya. Steven Spielberg mengaku terhormat pernah kerja bersama Kirk Douglas sementara aktor Danny De Vito memujinya sebagai aktor inspirasional.



Simak Video "Top 5: Tukul Arwana Sakit, Heboh Pernikahan Siri Lesti-Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/imk)