detikHot

movie

Fakta di Balik Patung Oscar yang Ikonik

Rabu, 05 Feb 2020 10:52 WIB Devy Octafiani - detikHot
Halaman 1 dari 2
Oscar 2016 Foto: doc.NYpost
Jakarta -

Ajang Academy Awards tahun ini akan digelar dalam waktu dekat. Ada 8 film yang bersaing kuat untuk memperebutkan Oscar tahun ini.

Piala tersebut menjadi penghargaan tertinggi di dunia film. Ada fakta menarik di balik patung tersebut.

1. Patung Berbentuk Ksatria

Pernah memperhatikan Oscar sedang memegang pedang? Itu karena desain asli untuk patung itu menampilkan seorang ksatria yang berada di atas gulungan film, untuk mewakili pejuang di industri ini.

Konsep yang dirancang oleh sutradara seni MGM Cedric Gibbons, telah menyederhanakannya selama bertahun-tahun untuk menjadikan pria emas yang kita kenal sekarang. Namun pedangnya masih dipertahankan.

2. Patung-patung itu Dilapisi Emas

Oscar berdiri setinggi 13,5 inchi dengan berat 8,5 kg. Patung itu sebenarnya adalah perunggu, bukan emas.


3. Meski dilapisi emas, Patung Oscar berharga 1 Dolar US

Beberapa statistik menyebut patung Oscar seharga 400 sampai 1,36 juta USD. Harga tersebut diketahui setelah Steven Spielberg membeli patung tersebut dari Bette Davis dan Clark Gable.

Namun akhirnya sang sutradara akhirnya mengembalikan patung tersebut kepada Academy. Sebab menurutnya yang berhak atas patung itu adalah Academy.

Atas keputusan pengadilan pada 2015, ditetapkan bahwa patung tersebut memang harus terlebih dahulu ditawarkan kepada Academy jika ingin menjualnya. Namun mereka menghargainya sebesar 1 USD. Padahal diketahui, untuk membuat Oscar dibutuhkan biaya sekitar 400 USD setiap patungnya.

4. Oscar Bukan Nama Resmi

Awalnya ajang tersebut bernama Academy Award of Merit. Namun beberapa tahun setelah perhelatannya tiba-tiba ada perubahan nama. Untuk nama Oscar pun sampai saat ini masih sangat misterius.

Ada satu rumor yang menyatakan awalnya nama tersebut muncul dari Margaret Herrick, sebagai pustakawan akademi dan direktur eksekutif. Ia berencana memberi nama patung yang dianggap mirip dengan pamannya bernama Oscar. Akhirnya nama itu populer.

(doc/dar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com