detikHot

Spotlight

Tak Cuma Adu Balap di 'Ford v Ferrari'

Minggu, 02 Feb 2020 16:03 WIB Devy Octaviany - detikHot
Christian Bale dalam film Ford v Ferarri. Ford v Ferarri Foto: Dok. 20th Century Fox
Jakarta -

Secara garis besar 'Ford v Ferarri' membawa cerita tentang kompetisi di antara dua perusahaan mobil, Ford dan Ferrari.

Namun lebih dari itu, film ini membawa drama panjang tentang persahabatan di antara dua tokoh, Caroll Shelby (Matt Damon) dan Ken Miles (Christian Bale).

Keduanya berada di balik ambisi untuk menentukan siapa yang lebih unggul di antara dua produsen mobil ini.

'Ford v Ferrari' menjadi salah satu film yang masuk nominasi di ajang Oscar tahun ini. Ia pula masuk dalam kategori penting di Best Picture.

Sutradara James Mangold membawa arena balapan Le Mans yang bergengsi itu untuk menggambarkan aksi balapan sengit di antara Ford dan Ferrari.


Namun lebih dari itu, film ini dianggap tepat masuk dalam kompetisi di kategori ini karena kepiawaian James Mangold mengemas balapan mobil dengan sentuhan drama.

"Film ini ingin saya mempercayai jika kita mengendarai mobil dengan kecepatan di atas 7.000 RPM, maka semua akan terasa menghilang dan yang tersisa hanya tubuh yang bergerak di ruang angkasa. Bisakah kamu bayangkan film balapan seperti ini memiliki semacam drama klise seperti itu?" ujar kritikus film Joe Posner.

Yang menjadi nilai tambah adalah keberadaan aktor-aktor mapan di dalamnya. Akting Matt Damon dan Christian Bale tak perlu dipertanyakan lagi.

Bale misalnya, menurunkan berat badannya lagi untuk perannya sebagai Ken Miles. Di sisi akting, ia tampil luar biasa sebagai seorang pebalap idealis, keras kepala juga gigih dan tiada takutnya.

'Ford v Ferrari' menjadi kisah yang bulat lewat penampilannya bersama Matt Damon. Keduanya menggambarkan hubungan love-hate di antara sahabat.




Simak Video "'Parasite' Diprediksi Oscar Menang Best Picture"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com