detikHot

movie

Heboh Virus Corona yang Mirip Film 'Contagion'

Jumat, 24 Jan 2020 18:11 WIB Asep Syaifullah - detikHot
Foto: Dok. Warner Bros
Jakarta -

Baru-baru ini ramai sebuah virus dari Wuhan, China yang dinamakan Corona. Penyebarannya virus tersebut pun sangat cepat bahkan sudah mencapai sejumlah negara di ASEAN seperti Singapura, Thailand dan Vietnam.

Sebelumnya sempat ramai di dunia maya jika virus Corona sudah menyerang Indonesia, tepatnya Jakarta melalui seorang pekerja Huawei di Gedung BRI. Namun kabar tersebut sudah dibantah. Lalu adapula seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso yang menjadi suspect Corona.

Namun untuk mengetahui apakah pasien tersebut positif atau tidak terkena virus Corona, butuh tindakan lanjutan.

"Litbangkes butuh 2-3 hari," ujar Pompini Agustina, Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI dilansir dari CNN Indonesia.

Publik dunia pun turut waspada dengan penyebaran virus Corona, hingga banyak info yang beredar di dunia maya terkait virus itu. Beberapa netizen pun menyebutkan jika virus Corona memiliki kronologi atau kisah seperti halnya film 'Contagion' yang dirilis pada 2011 lalu dan disutradarai oleh Steven Soderbergh.

Film yang dibintangi Gwyneth Paltrow, Jude Law dan Matt Damon itu menceritakan bagaimana pemerintah Amerika Serikat berupaya untuk mencegah penyebaran virus yang sudah menewaskan jutaan orang di dunia.

Cerita tersebut berkisah tentang Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang baru saja kembali ke Chicago usai perjalanan bisnis dari Hong Kong. Ia pun tampak terserang flu saat tiba di rumahnya, bahkan kondisinya semakin memburuk. Sang suami, Mitch (Matt Damon), pun membawanya ke rumah sakit namun nyawanya tak tertolong.

Putranya, Clark, pun terkena penyakit yang sama dan meninggal dunia. Karena hal tersebut Mitch dikarantina dan dilepaskan usai dinyatakan bebas virus tak dikenal itu. Pemerintah pun berupaya untuk mencari asal virus tersebut dan juga anti-virusnya.

Steven Soderbergh syuting Contagion di Hong Kong.Steven Soderbergh syuting Contagion di Hong Kong. Foto: Dok. Warner Bros

Dalam film tersebut diceritakan jika virus itu merupakan campuran antara virus yang menyerang kelelawar dan babi, sehingga memubuat sulit dikenali dan diidentifikasi. Sementara Corona virus disebut muncul pada pasar makanan laut Huanan di mana terdapat lebih dari 100 varietas hewan yang dijual di sana.

Hal inipun membuat para netizen kembali mencocokan antara kejadian virus Corona dengan film garapan Steven Soderbergh tersebut.

"Membaca soal virus corona dan sejujurnya aku sangat takut saat ini karena aku sudah melihat Contagion (2011) yang disutradarai Steven Soderbergh," tulis salah seorang netizen.

'Virus Corona memiliki cerita yang sama dengan film Contagion," tulis lainnya.

Hingga saat ini virus Corona sudah menewaskan 26 orang di Cina dan menjangkit 830 orang. 177 orang di antaranya berada dalam keadaan serius sementara 34 orang lainnya sudah dipulangkan karena diklaim bebas dari virus tersebut.

Heboh Virus Corona yang Mirip Film 'Contagion'



Simak Video "Beberapa Negara Evakuasi Warganya dari Wuhan, Indonesia Masih Koordinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com