detikHot

movie

'Kucumbu Tubuh Indahku' Gagal Masuk Oscar, Reza Rahadian Komentar Ini

Rabu, 15 Jan 2020 10:35 WIB Anisa Fitria - detikHot
Foto: Haikal Harlan/detikcom
Jakarta -

Film perwakilan Indonesia 'Kucumbu Tubuh Indahku' belum menerima kesempatan masuk dalam nominasi Oscar tahun ini. Film tersebut disodorkan mewakili Indonesia untuk kategori International Feature Film dai Academy Award atau Oscar 2020.

Menurut Reza Rahadian selaku komite Oscar 2020, batalnya film garapan Garin Nugroho masuk nominasi dalam ajang 92nd Oscars International Feature Film Award karena kurangnya dana dan promosi.

Agar sebuah film masuk nominasi membutuhkan dana yang besar, untuk film tersebut dinilai oleh para juri.


"Sebenarnya 'Kucumbu' itu punya kesempatan besar itu tapi ya gimana ya susah juga, duitnya juga susah," kata Reza saat ditemui di M Bloc Space, Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

"Karena kan mereka sistemnya voting. mereka harus nonton dulu, untuk menarik mereka nonton itu nggak bisa nggak pakai dana, harus ada budgetnya karena kita harus pasang iklan," sahut Reza.

Reza juga menambahkan kurangnya promosi dan dukungan dari pemerintah Indonesia membuat 'Kucumbu Tumbuh Indahku' gagal bahkan tidak masuk shortlist.

Ia berharap agar pemerintah Indonesia dapat membantu ikut serta dalam promosi serta membangun hubungan.



"Nah kalau dari Indonesia, nih gue berani bilang ya, sampai di mana dukungan pemerintah yang sangat besar dan film juga yang mind-blowing baru mungkin di momen itu. Kita bisa punya film minimal bisa masuk shortlist, 8 besar apa 13. Kita bahkan kemarin nggak masuk shortlist," ungkapnya

"ya, iya buat publisitas ya. dan harus bangun network. Nggak bisa kayak cuma ada film, itupun kalau filmnya bagus, kalau filmnya nggak dan lo bikin publisitas apapun ya tetep enggak," tutupnya.




Simak Video " 'Kucumbu Tubuh Indahku' Luput dari Nominasi Oscar 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com