'NKCTHI' Tentang Kisah Awan yang Bukan Hadir dari Ruang Hampa

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 05 Jan 2020 11:15 WIB
Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Di luar kisah filmnya yang menampilkan konflik Angkasa, Aurora dan Awan, buku 'NKCTHI' bercerita tentang salah satu tokohnya saja.

Ia adalah Awan yang mengirimkan pesan kepada anak-anaknya kelak. Mengadaptasi kisah tersebut, film 'NKCTHI' menggambarkan pesan-pesan menyentuh itu dari spektrum yang lebih luas.

"Kalau dari bukunya kan ada satu informasi yang sudah ada, bahwa quotes-quotes ini berasal dari seorang perempuan namanya Awan yang ngirim surat ke masa depan supaya anaknya baca," tutur Angga Dwimas Sasongko sang sutradara.

"Sebagai seorang sutradara dan storyteller, saya lalu berpikir, dari mana si Awan bisa dapat kata-kata ini, bisa dapat pemikiran ini, bisa dapat kedewasaan tersebut, bisa dapat inspirasi dan segala macam. Tentunya nggak lahir dari ruang kosong kan, nah ruang ini yang kemudian diisi dengan cerita," ungkap Angga lagi.



Lahirlah dua tokoh lain yang dipasangkan yakni Angkasa dan Aurora yang menjadi saudara kandung Awan di film.

Pemilihan pemain untuk karakter-karakter tersebut pun dilakukan Angga cukup unik. Ia memilih calon pemainnya dalam sebuah momen yang tak melibatkan screen test dan audisi formal.

"Saya bikin acara Visinema Campus saya undang tiga-tiganya. Setelah acara saya bilang 'Kalian duduk deh di sofa, mau lihat kalian ngobrol-ngobrol'. Waktu mereka duduk saya tahu, ini mereka bertiga kalau jadi saudara, saya percaya," ungkap Angga.

Filmnya sudah tayang di bioskop sejak 2 Januari 2020. 'NKCTHI' menjadi film Indonesia pertama yang tayang di bioskop di awal tahun.

Filmnya, diadaptasi oleh novel laris karya Marchella FP.



'NKCTHI' Tentang Kisah Awan yang Bukan Hadir dari Ruang Hampa


Simak Video "Bagi Produser Film, Bioskop Bukan Sekadar Tempat Cari Hiburan"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)