detikHot

movie

Demonstran Hong Kong Boikot 'Ip Man 4: The Finale'

Rabu, 25 Des 2019 19:30 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: doc.IP Man
Jakarta - Demonstran di Hong Kong memboikot 'Ip Man 4: The Finale'. Sikap itu disebabkan karena eksekutif produser Raymond Wong dan aktor Donnie Yen dan Danny Chan berpihak pada Beijing.

'Ip Man 4: The Finale' telah sukses menjadi box office di beberapa negara di Asia, di antaranya China,Taiwan dan Singapura. Akan tetapi, jumlah penonton di Hong Kong sangat berbanding terbalik.

Dilansir Hollywood Reporter, pemboikotan film tersebut diorganisir oleh pengguna forum bernama LIHKG. Situs LIHKG memang kerap digunakan oleh kelompok pro demokrasi di Hong Kong sejak mereka melancarkan aksinya.

Selain di dalam forum tersebut, di sosial media juga beredar tanda pagar #boycottIpMan4.

Keberpihakan politik eksekutif produser Raymond Wong sebagai pro China memang dikenal dalam beberapa tahun terakhir. Ia bahkan pernah mengorganisir dana untuk sebuah organisasi.

Wong juga pernah melayangkan kritik pada kemenangan film distopia bernapaskan politik, 'Ten Years' (2015), pada Hong Kong Film Festival 2015.

Donny Yen dianggap pro China karena berbagi panggung dan bernyanyi bersama pemimpin China Xi Jinping dalam acara peringatan 20 tahun penyerahan Hong Kong dan pernah membuat pernyataan yang kontroversial.

Sedangkan Denny Chan dengan terang-terangan mendukung kepolisian Hong Kong dengan mengatakan bahwa polisi harus bertindak tegas dan jangan membiarkan demonstran lolos dalam sebuah unggahan di media sosial.


Simak Video "Anjing di Hong Kong Tertular Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com