ADVERTISEMENT

Garin Nugroho Lega usai 'Kucumbu Tubuh Indahku' Menang Piala Citra

Puti Yasmin - detikHot
Senin, 16 Des 2019 15:50 WIB
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' karya Garin Nugroho dinobatkan menjadi film cerita panjang terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI). Garin pun menilai pencapaian itu seperti penerimaan Indonesia kepada karyanya.

Garin mengakui awal penayangan film 'Kucumbu Tubuh Indahku' memang mengundang banyak kontroversi. Hanya saja, menurutnya film miliknya telah lulus lembaga sensor sehingga layak untuk ditayangkan.

"Yang menentang itu minoritas. Kita saja mayoritas nggak bersuara padahal itu film sudah lolos sensor. Kalau saya mengikuti penutupan yang bukan lembaga tetapi organisasi saya tidak menghargai polisi dan pengadilan dong," kata dia di sela-sela temu media di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019).


Lebih lanjut, ia mengaku sangat bangga atas penganugerahan filmnya karena artinya telah diterima di Indonesia. Sebab, FFI bagi Garin adalah rumah dari perfilman Indonesia.

"Saya senang. FFI itu rumah buat film Indonesia, ini sangat membanggakan jadi ibarat pulang ke rumah. Tetapi, begitu menerima FFI itu seperti diterima di rumahnya sendiri," jelasnya.



Garin mengungkapkan, hal ini berbeda dengan penghargaan lain yang diterima di luar negeri. Menjadi juara artinya menjadi bagian sejarah dari Indonesia.

"Kalau penghargaan luar seperti tempat lain, hotel bagus semua lebih besar. Jadi (FFI) jadi sejarah di rumah sendiri," tutup dia.



Simak Video "Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT