detikHot

Wawancara Eksklusif

Reza Rahadian Butuh 7 Jam untuk Jadi Habibie

Jumat, 13 Des 2019 14:31 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Foto: Haikal Harlan/detikcom
Jakarta - Dalam trailer 'Habibie & Ainun 3' ada bagian saat Reza Rahadian berhadapan dengan BJ Habibie. Keduanya pun sangat mirip dalam kondisi usia lanjut.

Ini bukan kali pertamanya Reza Rahadian menggunakan makeup prostetik. Di film 'My Stupid Boss' Reza yang memerankan sebagai Bossman juga memakai prostetik di kepala.

"Kalau yang sekarang memang full sampai yang bagian dada, setengah dada, leher ke atas, sampai seluruh kepala. Teknisnya untuk mengerjakan makeup ini memang membutuhkan waktu yang agak lama," kata Reza Rahadian saat ngobrol dengan detikcom di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.




Biasanya hanya butuh waktu dua jam, kini untuk film garapan Hanung Bramantyo itu, Reza butuh waktu sampai tujuh jam. Prostetik yang digunakan memang sangat banyak dan rumit.

"Biasanya saya, 2 jam sekarang butuh 6 sampai 7 jam untuk menyelesaikan keseluruhan makeup sebelum lanjut ke proses syutingnya. Jadi memang agak panjang persiapannya," tuturnya.

Membintangi tiga film Habibie, Reza mengatakan tidak ada treatmen khusus yang harus dia lakukan. Reza memanfaatkan kesempatan untuk berdiskusi dan duduk bareng BJ Habibie.

"Kalau treatment khusus sebenarnya nggak ada. Hanya saja saya mencari kembali bagaimana figurnya, saya punya kesempatan lagi berdiskusi dengan eyang, melihat kembali pembawaannya, gesturnya, mimiknya berbicara termasuk bicara yang sangat menyentuh kehidupan pribadinya," jelasnya.

[Gambas:Instagram]



"Jadi benar-benar hanya seperti recall memori aja, mengulang kembali apa yang harus saya perbuat, mempertajam lagi suaranya, tonenya, suaranya juga sebisa mungkin mendekati Eyang," tukas Reza.

Bahkan saat menonton trailer 'Habibie & Ainun 3' Reza sempat bingung mendengar suaranya. Dia nyaris tak bisa membedakan suara dirinya dengan BJ Habibie.




"Ketika pertama kali trailer itu ada kalimat walaupun nggak ada mukanya itu saya sekilas bahkan tanya, 'Itu take saya sendiri atau suara Eyang?' itu saya sendiri lupa. 'Itu suara Reza', 'Oh oke berarti saya merasa cukup dekat dengan suara asli Eyang pelafalannya.'" ucapnya.

"Kalimat-kalimat itu kan Eyang punya khas sendiri, itu yang saya coba bulatkan lagi seluruhan bentuk fisiologisnya dari karakter Pak Habibie itu sendiri," sambung Reza.
Photo Gallery
Halaman
1 Tampilkan Semua

(pus/nu2)

FOKUS BERITA: Rindu Reza ke Habibie
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com