detikHot

movie

Sinopsis Captain Phillips, Saat Tom Hanks Disekap oleh Bajak Laut

Senin, 02 Des 2019 21:02 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
Sinopsis Captain Phillips, Saat Tom Hanks Disekap oleh Bajak Laut Foto: IMDB Sinopsis Captain Phillips, Saat Tom Hanks Disekap oleh Bajak Laut Foto: IMDB
Jakarta - Captain Phillips akan tayang di program Bioskop Trans TV pada Senin (2/12/2019) pukul 23.00 WIB. Film yang dibintangi Tom Hanks ini diangkat dari kisah nyata.

Sutradara Paul Greengrass mengangkat kisah pembajakan kapal Maersk Alabama pada tahun 2009 sebagai plot dari film ini. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 11 Oktober 2013 yang lalu dan menerima banyak nominasi penghargaan bergengsi.



Sebelum nonton, simak dulu sinopsis dan fakta-fakta menarik tentang Captain Phillips yang dirangkum detikHot:

1. Cast dan Karakter

Captain Phillips dibintangi oleh Tom Hanks yang memerankan Richard Phillips, kapten dari kapal MV Maersk Alabama. Sementara itu Catherine Keener memerankan istrinya, Andrea Phillips. Kru kapal Maersk Alabama lainnya diperankan oleh Michael Chernus, David Warshofsky, Corey Johnson, Chris Mulkey dan lain-lain.

Sementara itu, para bajak laut Somalia dipimpin oleh Abduwali Muse yang diperankan oleh Barkhad Abdi. Karakter bajak laut lainnya diperankan oleh aktor-aktor seperti Barkhad Abdirahman, Faysal Ahmed, Mahat M. Ali, Mohamed Ali, Issak Farrah dan lain-lain.

2. Sinopsis

Richard Phillips mengambil alih komando MV Maersk Alabama, sebuah kapal kontainer yang berlayar dari Oman menuju Mombasa, Kenya. Ketika melewati area di luar perairan Somalia, sekelompok pria di atas kapal kecil mendekati dan menembaki kapal tersebut.

Para bajak laut yang dipimpin Abduwali Muse kemudian berhasil memasuki kabin kapal. Phillips pun memerintahkan anak buahnya untuk bersembunyi di ruang mesin dan menawarkan dirinya untuk dijadikan sandera.

Phillips kemudian menawari Muse uang sejumlah USD 30 ribu yang ada di brankas kapal, tapi Muse menolak tawaran tersebut karena ia mengincar tebusan sebesar jutaan dolar dari perusahaan kapal.

Setelah proses negosiasi tidak berjalan dengan mulus, apa yang terjadi adalah aksi kejar-kejaran selama berhari-hari yang melibatkan kelompok bajak laut dan Navy SEAL.

3. Diangkat dari Kisah Nyata

Captain Phillips diangkat dari kisah nyata saat kapal MV Maersk Alabama dibajak pada tahun 2009. Richard Phillips yang menjadi kapten kapal tersebut kemudian diculik dan disekap di dalam sekoci selama lima hari.

Naskah film ini ditulis oleh Billy Ray dan diadaptasi dari buku 'A Captain's Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea' yang ditulis oleh Richard Phillips bersama Stephen Talty.



4. Diklaim Tidak Akurat

Setelah Captain Phillips rilis, beberapa kru asli kapal Maersk Alabama mengklaim bahwa film ini tidak akurat dengan fakta sebenarnya. Selain itu, mereka juga menyebut bahwa aksi Phillips yang sesungguhnya tidak se-heroik yang ditampilkan di film.

Kepala teknisi Maersk Alabama, Mike Perry dalam wawancaranya dengan CNN juga mengatakan bahwa film Captain Phillips tidak mengisahkan cerita yang sebenarnya.

5. Sukses di Box Office

Saat diluncurkan pada tahun 2013, Captain Phillips terbilang sukses di box office. Dari budget sebesar USD 55 juta, film ini berhasil meraup pendapatan sebesar USD 218,8 juta.

Tidak hanya sukses secara komersial, film ini juga diterima secara positif oleh kritikus film. Beberapa kritikus asal Amerika Serikat menempatkan Captain Phillips sebagai salah satu film terbaik tahun 2013, sekaligus memuji penampilan Hanks dan Abdi.


Simak Video "Iqbaal Ramadhan Antusias Bintangi Film 'Ali dan Ratu-Ratu Queens'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)

Photo Gallery

screenshoot-movie

.
.

screenshoot-movie

.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com