detikHot

movie

Raup Penonton Malaysia, Film 'Makmum' Raih Rekor MURI

Selasa, 19 Nov 2019 22:07 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Titi Kamal / Hanif H Foto: Titi Kamal / Hanif H
Jakarta - Film 'Makmum' berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai 'Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Malaysia'. Film tersebut berhasil meraup 7,15 juta ringgit Malaysia dan didapuk sebagai film terlaris di negeri Jiran sepanjang tahun 2018-2019.

Direktur Eksekutif MURI, Osmar Semesta Susilo, menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada produser Dheraaj Khalwani dan Titi Kamal sebagai pemeran utama. Rona bahagia dan bangga tampak jelas di wajah sineas 'Makmum'.

"Rekor ini membuktikan bahwa film indonesia bisa go international (film ini) sangat diapresiasi di Malaysia, Semoga bisa menembus negara lain dan dunia film internasional," kata Osmar Semesta Susilo ketika ditemui di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Pencapaian ini merupakan kategori pertama di MURI. Osmar Semesta Susilo menyebut kesuksesan 'Makmum' itu akan menjadi tolok ukur bagi jumlah penonton film-film nasional nantinya.

"Ini telah menjadi benchmark. Kalau ada rekor film lain yang jumlahnya lebih banyak dari ini ya berarti rekor ini gugur karena ini masih rekor baru jumlah penonton film ini masih menjadi benchmark," sambungnya.



Produser Dheeraj Khalwani mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian tersebut. Dia berharap kesuksesan film itu bisa terus berlanjut.

"Sekitar tiga minggu yang lalu saya dikabarin distributor saya di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusallam, film ini mendapat sambutan luar biasa khususnya di Malaysia dengan 7.15 juta ringgit," tutur Dheeraj.

Film 'Makmum' meraup lebih dari 825 ribu penonton. Meski belum mencapai jumlah satu juta penonton, Dheraaj menjamin akan menjadikan Tanah Air sebagai prioritas pemasaran film-film produksinya.

"Saya prioritaskan penonton Indonesia kebetulan (film 'Makmum') tayang di Malaysia kontennya lebih relateble, ke depan kita terus prioritaskan di Indonesia," tutup Dheeraj.

Film 'Makmum 2' disebut-sebut akan siap melenggang di layar lebar. Saat ini, Titi Kamal mengaku sedang mendalami skenarionya.





Simak Video "Ditanya soal Istrinya Genit ke Cowok Lain, Galih Ginanjar Tertawa Geli"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com