detikHot

movie

Kematian Ken Miles di 'Ford v Ferrari' Masih Jadi Misteri

Senin, 18 Nov 2019 12:05 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: imdb. Foto: imdb.
Jakarta -

'Ford v Ferrari' membawa penampilan pebalap Ken Miles yang dibintangi oleh Christian Bale. Di kehidupan nyata, nasib sang pebalap memang berakhir tragis seperti yang ditampilkan James Mangold di filmnya.

Ken Miles akhirnya meninggal dunia di bangku kemudinya. Dalam 'Ford v Ferrari', kematian Miles terjadi saat dirinya tengah mencoba mobil terbaru rancangan Carroll Shelby, Ford J Car untuk digunakan di ajang balapan Le Mans 1967.

Kematian Ken Miles di 'Ford v Ferrari' Masih Jadi MisteriFoto: Ken MIles (do.Snaplap)



Ia digambarkan meninggal usai melalui sebuah tikungan saat mobilnya tiba-tiba meledak dan terbakar.

Ada banyak spekulasi dari peristiwa tersebut. Di antaranya adalah kecelakaan yang akhirnya membawa ajal itu menjadi kesalahan mendiang Ken Miles sendiri. Adapula yang menyebut kecelakaan itu sebagai kegagalan mekanis.

Spekulasi lain dari sebuah buku berjudul 'Go Like Hell: Ford, Ferrari, and Their Battle for Speed and Glory at Le Mans' menyebutkan hal yang lain. Fakta kematian Ken Miles masih terasa tak memuaskan.



"Divisi Aerospace Ford, Aeronutronic, mengirimkan tim untuk mempelajari puing-puing itu. Setiap potongan puing diperiksa seolah-olah itu adalah penyelidikan kecelakaan penerbangan. Tapi mobil itu sangat hancur oleh dampak dan kebakaran, tidak ada yang bisa dibuktikan, dan Ford Motor Company memiliki image yang harus selalu dipandang baik. Pada akhirnya, semua bukti terbukti tidak meyakinkan. Sampai hari ini, penyebab kecelakaan yang menewaskan Ken Miles tidak pernah ditentukan," tulis halaman akhir di obituari tersebut.

Meninggalnya Ken Miles disaksikan sendiri oleh sang putra, Peter, yang turut menyaksikan aksi uji coba Ford J Car kala itu. Penampilan sang putra di 'Ford v Ferrari' ditampilkan oleh Noah Jupe, bintang 'A Quiet Place'.

Halaman
1 Tampilkan Semua


Simak Video "'Ford v Ferrari' Kalahkan 'Charlie's Angels' di Box Office"
[Gambas:Video 20detik]

(doc/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com