detikHot

movie

'Ford V Ferrari': Penciptaan Mobil Balap, Persahabatan dan Persaingan

Kamis, 07 Nov 2019 19:53 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: dok.FOX Foto: dok.FOX
Jakarta - Carroll Shelby (Matt Damon) memenangkan Le Mans 24 Jam, ajang paling sulit di dunia motosport, pada 1959. Meski saat itu namanya berada pada puncak dunia, Shelby harus menerima kenyataan pahit untuk berhenti jadi pebalap karena kondisi kesehatannya.

Ken Miles (Christian Bale) adalah insinyur dan mekanik sekaligus pembalap berbakat yang keras kepala. Shelby telah melihat bakat Miles sejak aksinya di arena. Ia menganggap Miles sebagai salah satu pebalap terbaik di dunia.

Hasrat Shelby untuk terus berada di dunia balap kembali membara ketika dirinya ditunjuk Ford untuk menciptakan mobil balap revolusioner. Bersama Miles, Shelby kerja keras demi menuruti ambisi para eksekutif Ford untuk mengalahkan Ferrari. Pembuktiannya ditunjukkan melalui ajang Le Mans 24 Jam pada 1966.

Sutradara James Mangold berhasil mengeksekusi alur sejarah berbalut drama persahabatan ini dengan apik. Penonton tak perlu mengerti banyak soal dunia balap untuk memahami jalan cerita yang ditulis Jez Butterworth, John-Henry Butterworth, dan Jason Kellerr itu.

Memang ada banyak istilah otomotif atau jenis mobil yang tidak akan dimengerti orang awam. Namun, hal itu tak menjadi unsur negatif atau kelemahan dalam film ini.

James Mangold membuat gambaran jelas tentang setiap karakter yang terlibat. Miles memang cenderung keras kepala dan tak bisa diatur oleh orang lain, tapi dia setia pada istri dan mencintai anak sepenuh hati.



Shelby begitu teguh pendirian, tapi bisa dengan rendah hati menurunkan ego demi ambisi pihak lain. Persahabatannya dengan Miles sangat berarti hingga tak mampu dibeli oleh segudang materi.

'Ford V Ferrari' tak hanya bercerita soal persahabatan, tetapi juga soal realitas dunia pekerjaan. Ketika tujuan utama seseorang adalah tentang kepuasan atasan, ia akan terus menjual dirinya dengan harga nyaris gratis.

James Mangold menunjukkan hubungan nyata antara atasan dengan bawahan, eksekutif dengan kolega, hingga ketika mereka berhadapan dengan kompetitor. Meski dengan latar belakang 1960an, penggambaran tersebut masih relevan dengan kondisi sekarang.

'Ford V Ferrari' juga bercerita tentang semangat membara para pemeran utamanya, tak hanya demi ambisi perusahaan, tapi juga untuk ambisi pribadi. Bukan soal menang atau kalah, tapi perjalanan di balik itu semua.

Film ini tak hanya menjadi ajang pembuktian kehebatan sutradaranya, tetapi juga kelihaian Matt Damon dan Christian Bale dalam berakting. Sebagai sahabat dengan segudang kesamaan, chemistry mereka luar biasa indah.

Tak perlu susah payah mencerna jalan cerita 'Ford V Ferrari' meski durasinya cukup lama untuk genre drama, yaitu 152 menit. Karena itu, film ini cocok untuk ditonton dalam waktu santai ketika Anda butuh hiburan bermakna.

Film tersebut baru akan dirilis pada 15 November 2019.




Simak Video "'Ford v Ferrari' Kalahkan 'Charlie's Angels' di Box Office"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com