detikHot

movie

6 Fakta Film Titanic yang Dibintangi Leonardo DiCaprio

Sabtu, 26 Okt 2019 12:39 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
6 Fakta Film Titanic yang Dibintangi Leonardo DiCaprio Foto: imdb. 6 Fakta Film Titanic yang Dibintangi Leonardo DiCaprio Foto: imdb.
Jakarta - Bagi penggemar film drama romantis pasti sudah tidak asing dengan film Titanic. Film yang rilis pada tahun 1997 ini menceritakan tenggelamnya kapal RMS Titanic dan kisah cinta pasangan yang berasal dari kelas sosial berbeda.

Pada Jumat malam, 25 Oktober 2019 kemarin sebuah stasiun televisi swasta kembali memutar film Titanic. Sudah nonton film Titanic dan penasaran dengan fakta-fakta menariknya? Berikut sinopsis dan fakta menarik tentang Titanic yang dirangkum detikHot:



1. Pemeran Film Titanic

Tokoh pemeran utama di film Titanic tentu saja Leonardo DiCaprio yang memerankan Jack Dawson dan Kate Winslet yang memerankan Rose Dewitt Bukater. Keduanya berasal dari kelas sosial yang berbeda dan jatuh cinta di Titanic.

Selain itu, film ini juga didukung oleh aktor-aktor ternama lainnya seperti Billy Zane (Cal Hockley), Kathy Bates (Molly Brown), Frances Fisher (Ruth Dewitt Bukater), Gloria Stuart (Old Rose), Bill Paxton (Brock Lovett), Bernard Hill (Captain Smith) dan masih banyak lagi.

2. Sinopsis

Kisah film Titanic dibuka pada tahun 1996, ketika sekelompok peneliti menjelajahi reruntuhan RMS Titanic untuk mencari berlian langka, Heart of the Ocean. Mereka menemukan lukisan yang memperlihatkan seorang wanita mengenakan kalung tersebut yang ternyata adalah Rose Dawson Calvert.

Rose yang sudah berusia 100 tahun pun menceritakan kisahnya saat menjadi penumpang di perjalanan pertama RMS Titanic pada tahun 1912. Rose menjadi penumpang kelas satu bersama dengan ibunya, Ruth Dewitt Bukater, dan tunangannya, Cal Hockley.

Sementara itu seorang seniman bernama Jack Dawson berhasil memenangkan tiket kelas tiga untuk menumpangi Titanic yang akan berlayar ke New York. Ketika Rose berupaya untuk bunuh diri dengan melompat dari kapal, ia dihentikan oleh Jack dan keduanya menjadi semakin dekat.

Ibu dan tunangan Rose berusaha keras untuk memisahkan keduanya tapi rencana tersebut berantakan setelah Titanic menabrak gunung es dan mulai tenggelam. Rose dan Jack pun harus berusaha keras untuk bertahan hidup dan menghindar dari dinginnya Samudra Atlantik.

3. Kombinasi Karakter Fiksi dan Nyata

Jack dan Rose merupakan karakter fiksi yang diciptakan oleh James Cameron. Tapi beberapa karakter pendukung merupakan karakter yang turut menjadi penumpang Titanic.

Beberapa di antaranya adalah Margaret Brown yang diperankan Kathy Bates, Thomas Andrews yang diperankan Victor Garber, Captain Edward John Smith yang diperankan Bernard Hill, J. Bruce Ismay yang diperankan Jonathan Hyde, John Jacob Astor IV yang diperankan oleh Eric Braeden dan lain-lain.



4. Lebih Mahal Daripada Produksi Kapal Titanic

Produksi film Titanic menelan biaya USD 200 juta untuk film berdurasi 195 menit. Artinya, setiap menit film ini memakan biaya lebih dari USD 1 juta.

Biaya produksi ini juga jauh lebih mahal dibanding biaya produksi RMS Titanic. Biaya pembuatan kapal Titanic pada tahun 1910-1912 memakan biaya USD 7,5 juta atau sekitar USD 120-150 juta jika menurut dolar pada tahun 1997.

5. Obsesi Sutradara James Cameron

Sutradara James Cameron membuat film ini karena ia terinspirasi dengan bangkai kapal yang tenggelam. Untuk mengambil gambar reruntuhan kapal Titanic, Cameron bahkan beberapa kali menyelam langsung untuk mengambil gambar.

Selain itu, produksi film ini juga merekonstruksi kapal RMS Titanic menggunakan cetak biru yang diberikan oleh perusahaan yang membangun kapal ikonik tersebut. Kapal replika ini pun menjadi studio yang ditambatkan di pesisir laut Meksiko.

6. Sukses Besar

Ketika rilis pada tahun 1997, Titanic langsung memperoleh sukses yang sangat signifikan dari segi kritik dan komersial. Film ini mendapat 14 nominasi Academy Awards dan memenangkan 11 nominasi, termasuk Best Picture dan Best Director.

Sementara dari segi komersial, Titanic awalnya memperoleh pendapatan sebesar USD 1,84 miliar dan menjadi film pertama yang berhasil menyentuh angka USD 1 miliar. Pada 2012, Titanic versi 3D dirilis dan menjadikan pendapatan total Titanic menyentuh angka USD 2,18 miliar.


Simak Video "Dibuka Tur Lihat Kapal Titanic "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com