'Perempuan Tanah Jahanam' Lebih Menantang dari 'Pengabdi Setan'

Devy Octaviany - detikHot
Minggu, 20 Okt 2019 11:41 WIB
Foto: dok.Base Ent
Jakarta - 'Perempuan Tanah Jahanam' menjadi horor kedua yang Joko Anwar bawa setelah 'Pengabdi Setan. Filmnya kali ini diungkapkan Joko melalui produksi yang lebih menantang.

'Pengabdi Setan' dibuat dalam produksi yang lebih singkat. Sementara 'Perempuan Tanah Jahanam' sebaliknya.



"Ini lebih menantang dari 'Pengabdi Setan', di pengabdi setan kita syutingnya 17 hari di rumah. Lebih capek ini dan lebih challenging ini, jauh, nggak bisa dibayangkan," ungkap Joko.

Memakan waktu hingga 1,5 bulan, Joko melakukan produksinya berpindah-pindah di banyak tempat. Di samping itu dirinya juga harus melakukan riset terkait kisah yang ia tulis dalam cerita.



Di antaranya riset soal wayang hingga sastra Jawa dan tarian. Di antara peliknya proses pembuatan film ini, Joko bersyukur menemukan orang-orang yang tepat untuk diajaknya bekerja sama.

"Riset wayang kita bekerja sama dengan Ki Asman namanya. Dia adalah ketua dari perkumpulan wayang Indonesia. Untuk tarian kita dikoreografi sama Eko Supriyanto, maestro tari Indonesia. Terus yang mantra-mantra itu diterjemahkan oleh profesor bahasa yang kita pakai di Gundala," tukas Joko.

Simak Video "Perempuan Tanah Jahanam Sabet Penghargaan di Bucheon Film Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)