detikHot

movie

(Sempat) Meyakini Arthur Fleck aka Joker Adalah Thomas Wayne Jr

Rabu, 09 Okt 2019 11:05 WIB Komario Bahar - detikHot
1 Kejutan di Film 'Joker'
Halaman 2 dari 2
Foto: Dok. Warner Bros

Mengandung Spoiler, jangan lanjutkan membaca jika Anda terganggu

Di sini Anda sudah diperingatkan soal spoiler. Tapi karena sudah nyaris sepekan tayang, agaknya sedikit bocoran sudah bisa termaafkan.

Well, dalam film 'Joker' Todd Phillips, sosok Thomas Wayne itu nyaris mengagetkan semua penonton dan meyakini bahwa Thomas Wayne Jr itu memang sungguh ada dalam sosok Arthur Fleck sang komedian yang kemudian berevolusi menjadi Joker.

Sampai dalam film Phillips, teori dan kisah asli komik lawas Batman itu dimentahkan --meski tak ada yang tahu pasti--. Arthur hanya anak malang yang diadopsi Penny Fleck, wanita yang pada masa mudanya ternyata turut mengidap gangguan mental.


Kisah Joker versi Joaquin Phoenix sudah menyihir penonton Tanah Air dengan ragam reaksi. Bagaimanapun, Joker memang salah satu film yang takkan terlupakan bagi penontonnya baik ditanggapi mengerikan atau pun sebagai sebuah pelajaran.

Joker versi Phillips dan Scott Silver ini adalah bentuk brutal dari evolusi rasa sakit dan sublimasi penderitaan yang mengerikan.


Seseorang dengan pengalaman dirundung secara terus-menerus bisa berubah menjadi monster yang membalaskan dendamnya dengan tuntas kepada semua pihak yang menjahatinya.

Juga seorang nihilis yang berbuat semaunya karena tempaan rusaknya tatanan pemerintahan dan lingkungan sosial.

(kmb/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com