detikHot

movie

Serba-serbi soal Festival Film Internasional

Selasa, 03 Sep 2019 15:50 WIB Devy Octafiani - detikHot
Halaman 1 dari 2
Serba-serbi soal Festival Film Internasional Foto: Andreas Rentz/Getty Images
Jakarta -

Tentu menjadi hal yang membanggakan bila kita mendengar ada kabar film Indonesia bisa ambil bagian masuk dalam festival film internasional. Namun nyatanya, tak semua festival film luar negeri menjadi kompetisi yang murni dan mapan sebagai sebuah gelaran kompetisi film internasional.

Selain Oscar misalnya, ada sejumlah festival film lain yang juga jadi acuan industri film dunia. Di antaranya Cannes Film Festival atau Venice Film Festival.

Ada aturan yang diterapkan setiap festival-festival film tersebut bagi filmmaker yang ingin mengikutsertakan film-film mereka di dalamnya. Salah satu aturan baku adalah membayar biaya pendaftaran atau entry fee di awal mendaftarkan film.


"Entry fee itu artinya biaya pendaftaran, bukan biaya masuk festival," jelas Joko Anwar yang beberapa filmnya melenggang di beberapa festival.

Runutan sebuah film berhasil masuk seleksi di sebuah festival setelah membayar entry fee yaitu melalui proses seleksi, bila lolos, kemudian film tersebut diikutkan dalam festival. Jika tim seleksi sebuah film festival menganggap ada film yang tak layak diikutsertakan, maka uang pendaftaran tak dapat dikembalikan kepada pihak pendaftar.

(doc/nu2)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com