Viral 'Pengabdi Setan' Bayar Masuk Festival Internasional

Devy Octafiani - detikHot
Selasa, 03 Sep 2019 15:15 WIB
2.

'Pengabdi Setan' DInilai Bayar Masuk Festival, Ini Kata Joko Anwar

Viral Pengabdi Setan Bayar Masuk Festival Internasional
Joko Anwar/detikHOT

Joko Anwar pun buka suara soal viral video tersebut. Ia meluruskan entry fee di festival film yang diikuti 'Pengabdi Setan' bukan patokan sebuah film dapat langsung dipastikan bisa ikut seleksi di festival tersebut.

"Festival film itu memang ada yang entry fee-nya. Jadi, kalau kamu lihat di Cannes film festival, di venice film festival, itu ada entry fee. Cuma beberapa film itu di-waive biasanya," ujar Joko saat dihubungi, Selasa (3/9/2019).

Waive dalam istilah film festival merupakan pembebasan biaya bagi filmmaker yang ingin mengikutsertakan film mereka berkompetisi di sebuah festival.

Joko mengatakan, selama ini film garapannya diundang untuk ikut serta. 'Pengabdi Setan' salah satunya disebut Joko menjadi film yang diinginkan festival-festival film di atas untuk meramaikan kompetisi.

Baca juga: 'Pengabdi Setan' Tuai Pujian Sutradara 'Doctor Strange'

"'Pengabdi Setan' itu nggak bayar, kayak masuk ke Toronto After Dark Festival (2018) sama The Overlook Film Festival itu nggak bayar. Karena mereka yang undang," imbuh sutradara peraih piala FFI Ini.

Joko mengingatkan ada banyak jenis festival film yang tersebar di seluruh dunia. Dan tak semua festival itu memiliki profil mapan sebagai sebuah festival film.

"Festival-festival yang ada di daftar tadi itu tuh, festival legit ya. Bisa dilihat mereka punya website yang bagus dan berita-beritanya masuk media besar," tukasnya.

(doc/nu2)