Mengenal Gundala, Superhero Lokal yang Hadir di Bioskop Hari Ini

Virgina Maulita Putri - detikHot
Kamis, 29 Agu 2019 15:21 WIB
Mengenal Gundala, Superhero Lokal yang Hadir di Bioskop Hari Ini Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Film Gundala yang disutradarai Joko Anwar mulai tayang di bioskop-bioskop Tanah Air pada Kamis (29/8/2019). Film ini menceritakan kisah Gundala, seorang pahlawan super lokal yang bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya.

Film yang dibintangi oleh Abimana Aryasatya ini diadaptasi dari tokoh komik dengan nama sama yang diciptakan oleh Harya Suraminata atau yang lebih dikenal dengan nama Hasmi. Karakter ini pertama kali muncul di komik "Gundala Putra Petir" pada tahun 1969.



Sebelum nonton Gundala, kenali dulu asal-usul dan fakta menarik karakter superhero lokal ini yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Terinspirasi Tokoh Legenda Jawa

Karakter Gundala diciptakan oleh Hasmi karena melihat perkembangan komik asik tapi dengan kearifan lokal. Ketika menciptakan Gundala, Hasmi terinspirasi dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo, sosok sakti yang mampu menangkap petir dengan tangannya.

2. Asal-usul

Gundala merupakan identitas superhero yang digunakan oleh Sancaka, seorang ilmuwan yang ingin menciptakan serum anti petir. Ia memiliki kekasih bernama Minarti. Namun, karena Sancaka melupakan pesta ulang tahun kekasihnya, hubungan keduanya pun berakhir.

Patah hati, Sancaka pun berlari di tengah hujan deras dan tiba-tiba petir menyambarnya. Ia kemudian diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir bernama Kaisar Kronz sekaligus diberikan kemampuan super untuk mengeluarkan petir dari tangannya.

3. Memiliki Kekuatan Lain

Gundala tidak hanya memiliki kekuatan untuk mengeluarkan petir dari tangannya. Ia juga memiliki kemampuan berlari secepat angin yang diberikan oleh Raja Taifun dari Kerajaan Bayu.

4. Kostum Karakter

Karakter Gundala dalam komik dikenal sebagai jagoan dengan pakaian ketat berwarna hitam dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya ditutupi topeng, sehinga hanya mata dan mulutunya yang tampak. Di sisi kiri dan kanan topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung.

Tapi, untuk versi film, Gundala akan mengenakan kostum yang sedikit berbeda dari karakter komiknya karena lebih realistis. Gundala di film juga mengenakan aksesoris tambahan yaitu goggles.



5. Gabung Kelompok Superhero "Patriot"

Gundala bergabung dengan kelompok superhero bernama Patriot yang mirip dengan Justice League atau The Avengers. Selain Gundala, kelompok ini beranggotakan Godam, Aquanus, Maza, Sri Asih dan masih banyak lagi.

6. Musuh Bebuyutan

Sama seperti superhero lainnya, Gundala juga memiliki musuh bebuyutan bernama Ghazul. Kekuatan utama Ghazul adalah otaknya yang sangat jenius dan seorang pimpinan kelompok jahat.

Selain Ghazul, Gundala memiliki banyak musuh lainnya seperti Bocah Atlantis, Dokter Setan, Ki Wilawuk, Pengkor dan Xrephus.

7. Pernah Difilmkan Sebelumnya

Kisah Gundala pernah diadaptasi menjadi film pada tahun 1981. Film berjudul Gundala Putra Petir tersebut dibintangi oleh Teddy Purba sebagai Gundala, W.D. Mochtar sebagai Ghazul dan Anna Tairas sebagai Minarti.

8. Bagian dari Jagat Sinema Bumilangit

Film Gundalayang mulai tayang pada hari ini merupakan film pertama dari Jagad Sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Setelah dirilisnya Gundala, akan ada beberapa film superhero lainnya yang rilis antara lain Sri Asih, Godam & Tira, Si Buta dari Gua Hantu, Mandala, dan masih banyak lagi.

Simak Video "Asik! Gundala Akan Ada Versi Animasi yang Cocok untuk Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)