Cara MCU Angkat Superhero Muslim di Tengah Stereotip Sempit Hollywood

Nugraha - detikHot
Rabu, 28 Agu 2019 16:05 WIB
2.

Cara MCU Angkat Superhero Muslim di Tengah Stereotip Sempit Hollywood

Cara MCU Angkat Superhero Muslim di Tengah Stereotip Sempit Hollywood
Foto: Istimewa

Jika ada seorang muslim baik benar-benar muncul, orang itu biasanya diberikan perlakuan berbeda. Misalnya dengan sikap pemarah dan ultra-konservatif. Lebih lagi buat wanita muslim, perwakilannya begitu sempit dengan peran ketakutan dalam burka hingga jadi penari perut.

Stereotip muslim itu teroris meningkat sejak peristiwa 9/11, ada banyak contoh film menampilkan orang-orang jahat dalam satu dimensi. Meskipun tidak banyak, ada juga film Hollywood, di mana umat Islam lebih terwakili. Film-film itu meliputi tokoh-tokoh dan peristiwa-peristiwa bersejarah seperti Malcolm X (1992) dan Ali (2001).



Sosok Kamala Khan yang bakal jadi superhero musim pertama, bukanlah seorang informan CIA yang mencoba membasmi teroris. Ia juga bukan seorang muslim karikatur yang hilang di dunia barat. Ia sama seperti remaja Amerika lainnya, mirip dengan Spider-Man, yang berjuang sehari-hari, dan tinggal bersama keluarga kelas menengah.

Karakter bernama Ms. Marvel itu kini disebut-sebut tengah diangkat untuk serial di Disney+. Sebuah karakter yang selama ini terpenjara dalam film atau serial selama bertahun-tahun, akhirnya benar-benar bakal diperhatikan.


(nu2/tia)