detikHot

movie

6 Fakta Film Once Upon a Time in Hollywood yang Mulai Tayang Hari Ini

Selasa, 27 Agu 2019 20:00 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
6 Fakta Film Once Upon a Time in Hollywood yang Mulai Tayang Hari Ini Foto: imdb/ istimewa 6 Fakta Film Once Upon a Time in Hollywood yang Mulai Tayang Hari Ini Foto: imdb/ istimewa
Jakarta - Film kesembilan sutradara Quentin Tarantino yang berjudul Once Upon a Time in Hollywood mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada Selasa (27/8/2019). Film ini dibintangi oleh aktor papan atas Hollywood, sebut saja Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Margot Robbie dan masih banyak lagi.

Film ini berlatar belakang Los Angeles di tahun 1969 yang merupakan akhir dari masa keemasan industri film Hollywood. Sebelum nonton, simak dulu fakta-fakta menarik Once Upon a Time in Hollywood yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.



1. Plot dan Sinopsis

Film ini menceritakan kisah seorang aktor kawakan Rick Dalton (Leonardo DiCaprio) dan temannya yang merupakan seorang stuntman, Cliff Booth (Brad Pitt) yang harus mengarungi perubahan di industri film Hollywood.

Keduanya pun terlibat dalam beberapa cerita yang melibatkan nama-nama besar di Hollywood saat itu, termasuk Sharon Tate dan Roman Polanski. Mereka juga bertemu Charles Manson yang merupakan pemimpin dari kultus Manson Family.

2. Aktor dan Karakter

Selain DiCaprio dan Pitt, bintang utama film ini antara lain Margot Robbie (Sharon Tate), Emile Hirsch (Jay Sebring), Margaret Qualley (Pussycat), Timothy Olyphant (James Stacy), Al Pacino (Marvin Schwarz) dan masih banyak lagi.

Kurt Russell dan Zoë Bell yang biasa muncul di film-film Tarantino juga muncul di film ini sebagai karakter pendukung.

3. Naskah Ditulis Selama Lima Tahun

Tarantino tidak hanya menyutradarai film ini, tapi juga menulis naskahnya. Untuk menulis naskah Once Upon a Time in Hollywood, Tarantino membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu lima tahun.

Awalnya naskah ini ditulis Tarantino untuk diterbitkan sebagai novel. Tapi ia merasa cerita ini lebih cocok untuk dikembangkan menjadi naskah film.



4. Diwarnai Kontroversi

Film ini diwarnai oleh beberapa kontroversi, baik saat proses produksi maupun setelah dirilis ke publik. Kontroversi pertama datang dari saudara Sharon Tate, Debra Tate, yang menentang film ini karena dianggap eksploitatif. Tapi setelah dihubungi dan ditunjukkan naskahnya oleh Tarantino, Debra menarik kritiknya.

Kontroversi kedua adalah ketika Tarantino memberikan peran kepada aktor Emile Hirsch. Pasalnya Hirsch pernah ditahan pada tahun 2015 karena menyerang seorang bos studio film.

Setelah film ini rilis, banyak orang yang mengkritik penggambaran karakter Bruce Lee di film tersebut. Anak Lee, Shannon, mengatakan film tersebut membuat ayahnya terlihat seperti seseorang yang arogan.

5. Rilis

Once Upon a Time in Hollywood rilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 Juli 2019. Awalnya, film ini dijadwalkan rilis pada tanggal 9 Agustus 2019, bertepatan dengan peringatan 50 tahun pembunuhan Tate-LaBianca yang dilakukan oleh anggota kultus Manson Family.

Di Indonesia sendiri, Once Upon a Time in Hollywood bisa ditonton di bioskop-bioskop Tanah Air mulai tanggal 27 Agustus 2019.

6. Respon Positif dari Kritikus

Once Upon a Time in Hollywood mendapat respon yang positif dari kritikus. Saat film ini debut di Cannes Film Festival, penonton memberikan film ini standing ovation selama tujuh menit.

Film ini juga mendapat skor dan rating yang sangat bagus di situs agregator ulasan film, Rotten Toamtoes. Skor Tomatometer dari kritikus untuk film ini adalah 85% dengan sertifikasi Fresh.



Simak Video "'Once Upon a Time in Hollywood', Karya Sempurna Quentin Tarantino"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com