detikHot

movie

Tentang Film 'Act of Valor', yang Wajib Kamu Tonton

Senin, 19 Agu 2019 13:35 WIB Rizky Wika Shintya Devi - detikHot
Film Act of Valour. Foto: Istimewa Film Act of Valour. Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi kamu pecinta film, 'Act of Valor' jadi salah satu film yang wajib kamu tonton. Bagaimana ya keseruan dan sinopsis film bergenre aksi ini?

Film Act of Valor merupakan salah satu film bergenre aksi yang disutradarai oleh Mike McCoy dan Scott Waugh. Film yang mendapatkan penghargaan ALMA sebagai film terbaik 2012 ini menyuguhkan adegan aksi-aksi heroik pasukan elit Amerika Serikat melawan para terorisme.

Film Act of Valor menceritakan tentang misi pengejaran yang dilakukan oleh tim Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy Seals) untuk mengatasi aksi para teroris berbahaya yang melawan pemerintah.

Tim Navy Seal melakukan pengejaran di berbagai negara karena terungkapnya berbagai rencana penyerangan yang mengancam ribuan jiwa warga AS. Dari rencana teror di negara Czech-Filipina dan negara Ukraina-Somalia.

Mereka melakukan hal tersebut demi menghentikan penyerangan di beberapa koordinat lokasi tertentu.Aksi heroik para anggota Pleton Bandito ini harus dilakukan demi ribuan warga sipil AS termasuk keselamatan keluarga mereka.

Film Act of Valor ini juga menceritakan bagaimana para pasukan elit ini menyeimbangkan tanggung jawa dari tugas negaranya dan komitmen kepada keluarganya.

Nah, sebelum kamu menonton film menegangkan ini, berikut ini beberapa fakta tentang film Act of Valor yang dirangkum DetikHot dari berbagai sumber.

1. Terinspirasi dari Pasukan U.S. Navy SEAL

Kalau Indonesia sendiri memiliki Komando Pasukan Khusus (Kopassus), dalam film aksi Amerika Serikat ini mengambil unsur dari beberapa aksi para pasukan elit AS, yaitu Navy Seal.

U.S. Navy SEAL (The United States Navy Sea, Air and Land) adalah pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, yang disiapkan untuk melakukan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontra terorisme, dan operasi khusus lainnya.

Pasukan U.S. Navy Seal memiliki kemampuan fisik dan psikologis tinggi yang dapat melakukan ragam taktik perang, seperti lautan (Sea), udara (Air), dan daratan (Land). Aksi dari tindakan para pasukan elit inilah yang mau ditonjolkan oleh sang sutradara dalam membuat kisah film Act of Valor.

2. Penyebutan Indonesia

Fakta menarik lainnya dalam film ini ialah adanya penyebutan Indonesia sebagai salah satu 'negeri pengimpor' yang menjadi salah satu kelompok teroris pimpin Abu Shabal.

Operasi yang begitu luas ini menyebabkan latar tempat dari berbagai negara lainpun turut diikutsertakan, oleh karenanya Indonesia sendiri termasuk dalam daftar negara yang disebutkan dalam film ini Detikers.


3. Pemberantasan Aksi Terorisme dan Narkoba

Film 'Act of Valor' begenre aksi ini menyuguhkan epic scene tim pasukan ini untuk melawan antara gembong narkotika dan gembong teroris. Layaknya adegan nyata saat bertugas, membuat para penonton terlarut dalam setiap adegan yang disajikan.

Wah, keren ya.

4. Rela Mati Demi Tim

Nah, Detikers film ini tidak hanya menyajikan adegan menantang saja, dalam film ini juga terdapat iconic scene yang membuat tenar U.S. Navy Seal loh.

Adegan tersebut saat komandan Navy Seal, Letnan Rorke melakukan tindakan berani mati yang ia lakukan berupa menjatuhkan diri secara sengaja ke atas sebuah granat yang siap meledak.

Hal itu dilakukan untuk keselamatan anggota tim pasukan lainnya. Tidakan tersebut membuat dirinya mendapat bintang tanda jasa dan penyematan lencana U.S. Navy Seal pada peti matinya.

Penggambaran tindakan seperti itu tidak hanya terjadi dalam adegan film, dalam dunia nyata memang ada. Pengorbanan nyawa ini banyak dilakukan para pasukan yang bertugas demi menjaga negaranya.

5. Memiliki Berbagai Penghargaan

Selain memenangkan sebagai film terbaik 2012 dalam penghargaan ALMA. Film ini juga meraih nominasi film pilihan dalam penghargaan Teen Choice Award loh.

Film Act of Valor ini juga berhasil memuncaki box office di Amerika Utara yang berhasil meraup pendapatan US$ 24,7 juta atau sekitar Rp 223,2 miliar di pekan pertama pemutarannya. Tak hanya itu saja, lagu soundtrack film act of valor ini dinominasikan di penghargaan Golden Clobe ke-70 untuk nominasi lagu asli terbaik.

Jadi, gimana nih Detikers, film Act of Valor (2012) ini memang patut di daftar utama film kamu kan?


Tentang Film 'Act of Valor', yang Wajib Kamu Tonton

(lus/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com