detikHot

movie

10 Film Korea Sedih Ini Bisa Bikin Kamu Baper

Senin, 19 Agu 2019 12:30 WIB Rizky Wika Shintya Devi - detikHot
Film Korea Sedih. Foto: Istimewa Film Korea Sedih. Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi sebagian orang menonton drama dan film Korea adalah sebuah hobi. Tak hanya bergenre romantis, ada juga film Korea sedih yang bisa bikin kamu nangis.

Sebagian orang memiliki ketertarikan besar dalam menonton genre melodrama atau film-film yang menguras air mata. Faktanya, dengan menonton film genre tersebut dapat meluapkan beban emosi dan membuat pikiran menjadi lebih ringan.

Berbagai macam film Korea Selatan ini mampu membuat perasaanmu berkecamuk nih Detikers. Berikut ini 10 film Korea sedih yang bisa jadi referensi daftar film berikutnya.

1. Harmony (2010)

Film Harmony ini memiliki daya tarik pada pengambilan lokasi syuting dan segi kehidupan para narapidana wanita di penjara wanita Korea Selatan. Film ini termasuk film korea sedih tentang ibu, yang mana menceritakan beberapa napi wanita yang menjalani kehidupan di penjara dan dikumpulkan dalam satu sel yang sama dengan kasus kriminial yang berbeda-beda ini mampu membuat emosimu naik-turun.

Salah satunya ialah napi wanita Hong Jeong-hye (Yunjum Kim) yang hamil tua dan harus dipenjara karena membunuh suaminya yang selalu menyiksanya berulang kali. Setelah melahirkan ia harus dipisahkan dari anaknya karena adanya peraturan yanng melarang untuk membesarkan anaknya di penjara.

2. Miracle in Cell No.7 (2013)

Film yang lagi-lagi berlatar belakang di sebuah sel penjara ini, merupakan film yang bergenre drama-komedi dan termasuk dalam jajaran film ternama saat itu. Miracle in Cell No.7 menceritakan tentang seorang ayah bernama Yong Goo dan putri tunggalnya bernama Ye Seung yang terpisahkan di jeruji besi karena kasus tuduhan yang dialami sang ayah.

Kisah yang terjadi antara seorang ayah dan anaknya ini mampu meneteskan air matamu nih, karena perjuangan yang ditujukan untuk sang ayah dan kasih sayang di antara mereka meski kondisi pelik yang dialami.

Film Korea Sedih: HopeFilm Korea Sedih: Hope Foto: Istimewa

3. Hope (2013)

Hope merupakan film berdasarkan kisah nyata yang dialami seorang anak kecil yang menjadi korban kekerasan seksual pada tahun 2008. Pedih sekali bukan, seorang anak perempuan yang berusia 8 tahun harus menanggung beban memilukan seperti itu.

Saat perjalanan ke sekolah, Sowon (Lee Re) diperkosa dan dianiaya oleh seorang pria tua yang sedang mabuk. Adanya kejadian itu, membuat Sowon trauma secara fisik dan psikologis bahkan Sowon menolak untuk bertemu dengan pria dewasa termasuk sang ayah. Hal ni membuat usaha keras yang dilakukan keluarganya terutama sang ayah. Ia bahkan jika ingin menemui Sowon harus memakai kostum kartun kesukaan Sowon. Film ini jelas menggambarkan peristiwa nyata yang kelam dari kehidupan sekitar.

4. My Briliant Life (2014)

Selanjutnya ada film korea sedih tentang penyakit yang dialami seorang anak, A-Reum yang lahir dengan mengidap penyakit langka bernama proregia syndrome. Penyakit ini membuat sang anak mengalami penuaan dini dan terlihat seperti orangtua berusia 80 tahun. Tak hanya itu, kisah dari kedua orang tuanya pun turut menguras air mata dan sentimen negatif dari masyarakat tentang penyakitnya membuat jalan cerita film ini semakin menarik.

Kedua orang tuanya, Mira dan Daesu sempat memiliki hubungan yang tidak baik sehingga tugas A-reum untuk menyatukan mereka kembali. Ditambah pula, dengan diagnosa dari penyakit A-reum yang mana tidak memiliki sisa hidup lebih lama. Rentetan kejadian pada film ini, cocok untuk kamu yang ingin memuaskan kesedihanmu nih Detikers.

Film Korea Sedih: My Annoying BrotherFilm Korea Sedih: My Annoying Brother Foto: Istimewa

5. My Annoying Brother (2016)

Film korea sedih keluarga ini mengisahkan tentang dua saudara kakak-adik (Jo Jung Suk - Doh Kyung-soo). Sang kakak adalah seorang tahanan yang mendapat pembebasan besyarat untuk menjaga adik satu-satunya yang tuna netra. Sedangkan, adiknya menjadi tuna netra akibat kecelakaan dalam pertandingan judo sehingga membuatnya mengalami kebutaan.

Titik balik hubungan mereka terjadi saat sang kakak divonis penyakit kanker dan tidak memiliki sisa hidup lebih lama. Kakaknya akhirnya memutuskan untuk melakukan sesuatu agar sang adik bisa menjadi sesesorang yang lebih percaya diri dan mandiri.

Chemistry yang dijalin kuat antara kakak (Jo Jung Suk) dan adiknya (Doh Kyung-soo) sebagai pemeran utama mampu menyihir penonton untuk menikmati film ini. Film ini pun berhasil meraih posisi film Box Office Korea akhir tahun dan mendapat repons positif dari para penikmat film.

6. Canola (2016)

Bosan dengan tema film korea sedih yang itu-itu saja?

Kamu bisa nih menikmati film sedih korea ini yang bercerita tentang seorang nenek (Youn Yuh Jung) dan cucunya (Kim Go Eun) yang terpisah karena si cucu menghilang di kerumunan pasar.

Butuh 12 tahun lamanya, mereka dipertemukan karena Hyeji memilih untuk kembali kepada sang nenek. Sayangnya, Hyeji (Kim Go Eun) berubah menjadi sosok yang tidak baik hingga terlibat dalam kasus pencurian. Penasaran dengan kelanjutan kisah mereka? jangan lupa tonton ya Detikers.

Film Korea Sedih: Train to Busan.Film Korea Sedih: Train to Busan. Foto: Istimewa

7. Train to Busan (2016)

Film yang diperankan tokoh terkenal, seperti (Gong Yoo, Jung Yu Mi, dan Ma Dong-Seok ini awalnya menceritakan tentang bencana virus zombie yang menyebar tiba-tiba dan cepat. Dalam film ini menyuguhkan kisah pemeran utama dari hubungan ayah-anak yang akan mengunjungi ibunya karena hubungan dari orang tuanya telah bercerai. Sang ayah yang hanya berniat untuk mengantarkan sang anak menemui ibunya, malah menjadi aksi yang menengangkan sekaligus menyedihkan.

Film ini pun juga mendapat antusiasme besar karena peran dari karakter pada film ini berhasil disalurkan dengan baik melalui alur cerita film ini. Kalau kamu mau nonton film ini, sebaiknya kamu siapkan tisu terlebih dahulu Detikers.

8. The Preparation (2017)

Sesuai dengan judul film tersebut menceritakan tentang seorang ibu yang telah divonis terkena penyakit parah sehingga membuat sang ibu harus mempersiapkan putranya yang memiliki keterbelakangan mental dan sudah berusia 30 untuk bisa bertahan hidup tanpa bantuan seorang ibu.

Kisah yang memiliki hubungan erat dalam kehidupan seorang ibu-anak ini dalam kehidupan nyata, membuat banyak penonton memuji film ini.

Film Korea sedih 2017 ini bergenre melodrama yang memberikan pesan moral bahwa kasih ibu tak ada tandingannya.

9. One Day (2017)

Film yang diperankan oleh Kim Nam Gil dan Chun Woo He ini mengisahkan tentang 2 insan yang memiliki kisah hidup berbeda dan dipertemukan dalam satu kasus berkat bakat Gang Soo (Kim Nam Gil) yang bisa melihat makhluk gaib. Mi So (Chun Woo He) sedang mengalami koma sehingga membuat ruhnya berkeliaran bebas di luar tubuhnya.

Pertemuan mereka ini membuat banya peristiwa yang diungkapkan, bisa membuat kamu terenyuh saat menontonnya. Apa yang akan terjadi dengan mereka selanjutnya ? jangan sampai terlewat ya film ini.

Film Korea Sedih: Be with You.Film Korea Sedih: Be with You. Foto: Istimewa

10. Be With You (2018)

Film daur ulang dari film Jepang yang berjudul "Ima, Ai ni Yukimasu (2004)" , adaptasi dari novel karya Takuji Ichikawa yang memiliki judul sama. Film korea sedih 2018 ini menceritakan tentang kisah keluarga yang kehilangan ibunya sehingga ayahnya hanya mengurus anak satu-satunya sendirian.

Hubungan antara sang ayah dan anak terasa hidup kembali ketika si ibu kembali ke kehidupan mereka, meskipun si ibu tidak ingat dengan kehidupan mereka dahulu. Perjuangan mereka untuk memulihkan ingatan si ibu dan menghidupkan kembali keluarga kecil mereka, bisa membuat kamu meneteskan air mata.

Tertarik untuk menonton film Korea sedih yang mana?










Simak Video "Menengok Cantiknya Istri Menparekraf Gista Putri"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com