detikHot

movie

Banyak Sineas Nasional 'Lahir' dari Belakang Bioskop TIM

Minggu, 18 Agu 2019 16:33 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: XXI Taman Ismail Marzuki (dok. Cinema XXI) Foto: XXI Taman Ismail Marzuki (dok. Cinema XXI)
Jakarta - Keberadaan bioskop di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat bukan hanya sekadar tempat hiburan semata. Berdekatan dengan Institut Kesenian Jakarta, bioskop yang ada di sana juga menjadi kesatuan wadah bagi industri perfilman nasional.

Sutradara Putrama Tuta mengamati bagaimana Taman Ismail Marzuki dan bioskop yang ada di sana sejak lama seakan tak terpisahkan.

"Dari dulu aku selalu ngeliat itu tempat bukan sebagai bioskop tapi tempat belajar buat orang-orang yang bisa ngerubah perfileman Indonesia," ujar sutradara film Ahok ini saat dihubungi, Minggu (18/8/2019).


Tuta menambahkan dari sana pula dirinya banyak mendapatkan wawasan soal dunia perfilman.

Video: Bioskop TIM akan Ditutup, Movie Lovers Kecewa

[Gambas:Video 20detik]



"Mungkin emang karena banyak orang hebat lahir di belakang tempat itu. Walaupun saya bukan lulusan IKJ. Tapi saya banyak belajar dari mereka di film yang tumbuh di TIM," imbuhnya.



Pihak XXI Taman Ismail Marzuki telah mengonfirmasi cabang bioskop mereka di sana akan berhenti beroperasional mulai 19 Agustus 2019. Bukan tanpa alasan, Pemerintah DKI punya rencana untuk merevitalisasi TIM termasuk gedung bioskop yang ada.

"Terakhir ini bangunan bioskopnya yang akan dibongkar, jadi kita nggak bisa perpanjang lagi," ujar Jimmy Haryanto, Direktur 21.


(doc/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com